Sponsors Link

11 Makna Paskah Dalam Perjanjian Lama dan Baru Bagi Umat Kristen

Sponsors Link

Paskah yang dalam bahasa Latin disebut dengan Páscha dan Yunani Πάσχα ini merupakan sebuah perayaan paling penting di dalam liturgi gerejawi Kristen. Pada Perjanjian Lama dikatakan jika Paskah adalah tanda saat Tuhan lewat rumah-rumah Israel di Mesir yang bisa menyelamatkan [Kel 12:27].

ads

Pengorbanan yang Yesus Kristus lakukan ini merupakan cara menghapus dosa dan memberikan keselamatan dan dengan kebangkitan-nya diantara orang mati, Allah sudah melaksanakan pekerjaan perdamaian dengan diri-Nya [II Kor 5:18]. Dosa kita sudah di bayar dan dihapuskan serta kedudukan kita yang kembali pulih bukan dengan barang fana seperti emas, perak akan tetapi dengan darah Yesus Kristus yang mulia dan kekal.

  • Paskah Bukan Rutinitas

Perayaan Paskah yang dilakukan umat Kristiani setiap tahun ini bukanlah sebuah rutinitas, akan tetapi mempunyai arti yang sangat penting seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

  • Peristiwa ini tersebar dan bisa ditarik kesimpulan jika Tuhan Yesus Kristus tidak akan terkekang oleh maut dan Ia merupakan Allah yang berkuasa atas maut.
  • Kedua: Kebangkitan Yesus menjadi bukti dari janji-Nya yang tidak pernah ingkar yakni sebelum Ia wafat di kayu salib dan dikuburkan, Ia berkata pada murid-Nya jika Ia akan diserahkan ke tangan orang berdosa dan mati tetapi bangkit pada hari ketiga.

Ketiga: Paskah juga memperlihatkan sebuah pengharapan bagi mereka yang percaya jika dengan kebangkitan Yesus dari kematian, maka kita akan mendapatkan kehidupan yang kekal. Sementara dalam Perjanjian Baru dikatakan jika Paskah adalah sebuah cara memperlihatkan pengorbanan dari Yesus Kristus untuk disalibkan dan pengorbanan inilah yang menyelematkan seluruh umat manusia dari dosa bagi mereka yang percaya pada-Nya.

  • Paskah Sebagai Hari Kebangkitan
Sponsors Link

Paskah juga sudah memberikan bukti tentang sejarah hidup manusia khususnya bagi yang percaya. Paskah juga membangun tujuan pernikahan Kristen menjadi tonggak sejarah bagi perkembangan iman kita yang percaya bukan Allah yang mati namun Allah yang benar-benar secara nyata hidup.

  • Paskah Mengartikan Kematian Kristus Yang Menebus Kita

Paskah juga memiliki artian yang sangat indah yaitu kita yang sudah ditebus darah Yesus Kristus. Hanya dengan jalan inilah kita bisa dan umat agama lainnya bisa menjadi Alasan Orang Islam Masuk Kristen berkomunikasi kembali dengan Allah dengan cara penebusan yang dilakukan Yesus Kristus yang sangat mahal harganya.

  • Paskah Sebagai Kebangkitan Kristus Pemberi Harapan

Yesus yang sungguh-sungguh sudah bangkit ini membuat kita semakin bersemangat menjalani Tujuan Hidup Orang Kristen dan memberikan harapan seperti yang terjadi pada para Rasul saat melihat Yesus yang sudah bangkit.

Kebangkitan Kristus ini memberikan pengharapan bagi kita yaitu kepercayaan kita pada Kristus yang tidak sia-sia, pemberitaan Injil adalah bukan kebohongan, kita yang sudah terbebas dari dosa, kita yang tidak akan binasa namun akan hidup kekal bersama Yesus dan kita merupakan orang yang sangat beruntung sebab Yesus.

  • Paskah Sebagai Kemenangan Kristus

Kebangkitan Kristus merupakan kemenangan kita dengan Cara Beribadah Agama Kristen yang nyata dari kematian dan buka hanya sebuah peristiwa mengagumkan untuk meyakinkan dunia untuk tidak menyangkal kebenaran ini, namun juga sebagai pernyataan atas kuasa penyelamatan-Nya.

Kebangkitan Yesus Kristus ini juga bukan hanya ilustrasi namun sebuah sejarah yang menjadi tanda kemenangan bagi mereka yang percaya mutlak atas kematian dalam wujud kebangkitan tubuh.

  • Paskah Yang Membenarkan dan Menyelamatkan Kita

Kita sebagai umat sudah dibenarkan oleh darah-Nya yaitu dibebaskan dari tuduhan dan dinyatakan tidak bersalah menurut pandangan Allah. Kita juga sudah dilepaskan dan diselamatkan dari hukuman yang kekal seperti halnya Barabas yang akhlaknya sudah rusak tersebut sudah terbebas dari kematian. Barnabas sudah menjadi contoh ciri khas dari kita manusia yang selalu memberontak, tidak ber-Tuhan dan tidak memiliki rasa belas kasih, namun karena kematian Kristus inilah akhirnya kita bisa diselamatkan.

  • Paskah Sebagai Jaminan Kehidupan Kekal

Peristiwa Paskah juga sudah memberikan sebuah kepastian untuk Cara Berdoa yang Benar dan dunia jika hidup ini tidak akan berakhir hanya dengan kematian, akan tetapi Kebangkitan Kristus sudah memberikan sebuah kepastian yang baru jika sesudah kematian akan ada kehidupan baru yang abadi.

Kebangkitan Kristus ini menjadi dasar iman semua orang yang percaya dalam membuktikan betapa hebat kuasa dari kebangkitan Yesus Kristus.

  • Paskah Sebagai Kuasa Tuhan Tak Terbatas

Pandangan Iman Kristen Terhadap Gaya Hidup Modern dapat diwujud kasihkan dalam paskah menunjukan kuasa dari Tuhan yang tak terbatas sebab Tuhan sudah bangkit diantara orang mati dan kematian inilah yang menjadi batas akhir dari kita sebagai manusia dan tidak akan ada manusia yang bisa memperpanjang hidupnya.

  • Paskah Sebagai Penggenapan Firman Tuhan
ads

Lukas 24 7:8 “Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga.” Maka teringatlah mereka akan perkataan Yesus itu”.

  • Paskah Sebagai Keselamatan Semua Manusia

Setiap orang mendapatkan pemberitaan yang sama seperti semua murid yang juga mendapatkan pemberitaan yang sama. Akan tetapi cuma satu yang secara cepat langsung pergi ke kubur Yesus yaitu Petrus. Berita ini merupakan berita keselamatan yang tidak hanya bisa didapat dengan Cara Puasa Orang Kristen oleh beberapa kelompok saja, akan tetapi semua orang yang mendengar pemberitaan ini bisa mendapatkan keselamatan jika mendengar dan percaya.

Keselamatan merupakan mukjizat dan siapapun bisa mendapatkannya, namun untuk mereka yang tidak percaya maka tidak akan pernah bisa mendapatkan mukjizat ini.

  • Paskah Sebagai Pengingat Kasih Kristus

Yohanes 3:16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”. Peran Gereja Dalam Masyarakat dan bagi semua umat manusia membutuhkan kasih dan kasih manusia hanya terbatas saja, akan tetapi kasih yang berasal dari Kristus tidak akan pernah berakhir dari dulu sampai selama-lamanya.

  • Paskah Sebagai Pengingat Restitusi

Oleh karena salib, kita orang berdosa bisa dengan Cara Masuk Kristen dibenarkan, kita yang hina menjadi mulia kembali, kita yang miskin menjadi kaya, kita yang sakit sudah sembuh dan kita yang tidak memiliki arti menjadi berarti kembali.

Kehidupan kita yang sudah hancur, miskin dan sakit ini sudah ditukar Yesus Kristus dengan sebuah pemulihan lewat perayaan Paskah dan Kematian Tuhan inilah yang sudah menggantikan kehidupan sebab Tuhan Yesus baik.

Apa yang sudah hilang, maka akan dikembalikan Tuhan dan dipulihkan, sehingga setiap kali kita semua merayakan Paskah maka ingatlah akan semua makna Paskah yang sudah dijelaskan diatas. Semoga bisa bermanfaat dan membuat kita semua bisa semakin mengerti sekaligus memperdalam arti dari Paskah yang sebenarnya dan lebih bersyukur dengan semua yang sudah diberikan Tuhan dalam seluruh hidup kita. Terima kasih.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Paskah