Sponsors Link

6 Tujuan Puasa Kristen Sebagai Kebutuhan Iman

Sponsors Link

Ada banyak teori yang menjelaskan tentang asal mula dosa menurut Alkitab. Tetapi terlepas dari hal itu, kita sendiri sebagai manusia memang cenderung jatuh kedalam dosa berkali – kali. Karena adanya keadaan dosa inilah, manusia sebenarnya sadar bahwa hubunganya dengan Tuhan akan semakin menjauh. Dan karena itu ada banyak hal yang dilakukan oleh manusia untuk membantu mengembalikan hubungannya kepada Tuhan. Mulai dari berdoa hingga melakukan pengampunan dosa dalam kristen.

ads

Memang dikenal ada kegiatan puasa yang dilakukan oleh agama – agama yang kita ketahui. Meski puasa yang dilakukan oleh saudara beriman kita yang lain terlihat lebih ketat tetapi ternyata banyak agama yang melakukan puasa sebagai salah satu kegiatan yang ada dalam ritual ibadah mereka. Hal ini dilakukan karena memang ada banyak sekali tujuan dari puasa yang memiliki banyak manfaat bagi mereka yang melakukan puasa dan berikut ini saya akan membagikan informasi mengenai tujuan puasa kristen bagi Anda.

1. Membantu menumbuhkan iman

Tujuan puasa kristen yang pertama adalah untuk membantu menumbuhkan iman umat. Dengan melakukan puasa maka kita akan berusaha untuk lebih merefleksikan diri akan segala sesuatu yang terjadi pada hidup kita. Yang dikarenakan oleh pada saat masa puasa ada beberapa aturan yang harus kita ikuti dimana aturan – aturan ini akan membuat ruang gerak kita menjadi jauh lebih sempit dan tidak sebebas pada saat kita sedang tidak berpuasa. Kita akan terbantu untuk melihat dari sudut pandang yang baru karena adanya beberapa aturan selama berpuasa yang harus kita jalani dan ikuti. Misalnya saja, apabila sebelumnya kita masih memiliki beberapa ketakutan atas beberapa hal yang mungkin akan terjadi pada hidup kita, maka setelah menjalani puasa beberapa ketakutan ini akan teratasi karena kita telah mempercayakan hidup kita kepada Tuhan.

Bahkan Yesus sendiri menasehati murid – muridNya yang sedang berusaha untuk mengusir setan dengan cara berdoa dan berpuasa. Hal ini mengartikan bahwa puasa bisa membawa dampak yang cukup besar untuk membantu perkembangan iman kita kepada Dia, dengan mempercayakan segala sesuatu yang terjadi adalah atas namaNya. Apalagi apabila puasa diiringi dengan melakukan doa yang memiliki banyak manfaat berdoa bagi orang kristen, pastilah iman itu akan bertumbuh dengan lebih baik. Adanya ukuran pertumbuhan rohani pada diri kita dapat dilihat dari seberapa besar kita percaya pada rancangan Tuhan dan tidak menkhawatirkan segala sesuatu yang akan datang selama kita telah melakukan yang terbaik dalam hidup kita.

2. Sarana untuk mengontrol diri

Sarana untuk mengontrol diri adalah tujuan puasa kristen yang selanjutnya. Berpuasa itu lebih dari sekedar kegiatan untuk menahan lapar dan haus. Melakukan kegiatan berpuasa adalah dimana kita bisa berusaha untuk menahan diri dan menjauhkan diri dari godaan – godaan  setan yang menjatuhkan dan membuat kita melakukan hal – hal yang lebih dikehendaki oleh setan dibandingkan hal – hal yang lebih dikehendaki Tuhan. Jadi, melalui puasa maka kita dapat memiliki kontrol diri yang lebih baik dalam memilih dan memutuskan untuk melakukan hal yang baik ataupun hal yang buruk. Berbicara mengenai kontrol diri tentunya hal ini akan menjadi lebih luas lagi. Kontrol diri juga berkaitan dengan bagaimana kita dapat mengontrol emosi dan untuk membantu Anda dengan hal ini maka ada beberapa ayat Alkitab tentang kesabaran yang bisa Anda baca dan refleksikan setiap harinya.

Mengontrol emosi memanglah bukan perkara yang mudah. Hal ini menjadi semakin sulit apabila kita menemui kesalahan seseorang baik itu seorang asing maupun orang terdekat yang secara terus menerus melakukan kesalahan yang sama. Tetapi, karena Yesus sendiri mengajarkan kita untuk tetap saling mengasihi dan mengampuni tentunya kita dapat merubah kecenderungan kita yang seringkali merasa emosi menjadi seorang pribadi yang suka mengampuni dan melihat hal baik dalam sesama. Dan Yesus juga mengajarkan kita untuk tetap mengampuni sesama yang melakukan kesalahan bahkan sampai tujuh puluh tujuh kali tujuh kali banyaknya, dan ikut mendoakan orang yang memusuhi kita. Karena hal – hal ini adalah perkara antara hubungan kita dan Tuhan yang lebih penting dan siapakah kita sehingga kita memiliki hak untuk menghakimi dan tidak mau mengampuni sesama kita.

Sponsors Link

3. Menyadarkan untuk tetap bersyukur

Selanjutnya, tujuan puasa kristen yang dapat dirasakan adalah membantu menyadarkan kita untuk tetap bersyukur dalam kondisi dan keadaaan apapun kita berada. Dengan berpuasa dan merasakan lapar dan haus maka kita akan merasa bahwa ada orang – orang lain diluar sana yang ternyata kondisinya tidak seberuntung kita. Ada orang – orang yang kondisinya sangat jauh dibawah kita. Dan dengan secara bulat memiliki tekad untuk melakukan puasa, maka kita secara tidak langsung akan terbentuk menjadi seorang pribadi yang lebih mensyukuri keadaan kita. Arti bersyukur dalam Alkitab memang harus benar – benar dipahami dan direnungkan. Dengan mengetahui dan berusaha untuk selalu bersyukur maka kita akan menjadi pribadi yang lebih baik bagi sesama manusia dan bagi diri kita sendiri.

Hati yang selalu memiliki rasa syukur akan membantu kita juga menjadi seorang pribadi yang lebih baik. Rasa syukur mengajarkan kita bahwa segala sesuatu yang kita miliki adalah cukup, dan kita tidak perlu mengkhawatirkan hari esok yang akan datang karena kesusahan untuk sehari cukuplah hanya untuk sehari. Memiliki hati yang selalu bersyukur juga akan menghindarkan kita menjadi manusia yang serakah. Keserakahan bisa membawa dampak buruk baik bagi keselamatan kita nantinya dan tentunya juga bisa merugikan orang lain yang berada disekitar kita. Dan ketahuilah juga bahwa keserahakan juga bisa menjadi salah satu bentuk penyembahan berhala karena kita lebih memfokuskan diri kepada satu hal seperti uang misalnya. Beberapa hal mengenai penyembahan berhala sebenarnya memiliki cakupan yang cukup luas dan oleh karena itu kenalilah dan pelajarilah apa itu arti penyembahan berhala dalam iman kristen.

ads

4. Awalan untuk memulai kebiasaan baik

Tujuan puasa kristen selanjutnya adalah hal ini dapat menjadi awalan untuk memulai suatu kebiasaan yang baik. Suatu kebiasaan dimana kita akan menjadi lebih sering berdoa dan merefleksikan keadaan kita sehari – hari. Mungkin apabila sebelum berkomitmen untuk melakukan puasa kita menjadi cenderung lupa untuk berdoa dan memilih langsung untuk melakukan segala pekerjaan kita, maka hal ini akan secara perlahan berubah.

Dengan secara rutin berpuasa juga kita akan mulai menyadari akan dampak buruk dari akibat dosa menurut Alkitab dengan terus berusaha mengubah kebaisaan lama menjadi kebiasaan baik. Melakukan refleksi dan meditasi secara rutin juga akan membantu membersihkan pikiran kita dari segala hal yang buruk dan hal ini akan membantu kita untuk menjadi seorang pribadi yang memiliki pola pikir yang lebih positif kedepannya. Segala kebiasaan baik akan diawali dengan adanya pikiran yang positif, pikiran yang mau membawa diri kita semakin mendekat kepada Allah Bapa.

5. Sebagai wujud pembuktian cinta kepada Allah 

Sebagai seorang manusia yang rapuh dan sering terjatuh kedalam dosa, seringkali kita menduakan Tuhan tanpa kita sadari melalui beberapa hal – hal kecil. Salah satu contoh perbuatan dosa dalam kristen yang seringkali kita lakukan adalah meragukan kuasa Tuhan. Kita ragu akan apa yang akan terjadi selanjutnya pada hidup kita. Dan hal ini sama saja kita menduakan Tuhan dan lebih memilih untuk percaya pada kerapuhan kita sebagai manusia yang serba terbatas kemampuannya.

Melakukan puasa dan dengan secara sadar mengikuti aturan – aturan yang diterapkan selama puasa sudah sama artinya bahwa kita telah berusaha untuk memberikan wujud pembuktian cinta kita kepada Allah. Karena kita secara sadar mau memabatasi diri dari nafsu – nafsu duniawi dan lebih mendekatkan diri kepada Allah. Adanya pembuktian cinta kita pada Tuhan yang kita wujudkan dengan berpuasa tentunya akan menyenangkan hati Tuhan. Dan hal ini tentunya adalah baik adanya karena dua pribadi saling menunjukkan rasa cintanya satu sama lain, dan dengan hal ini maka hubungan kita dengan Tuhan akan semakin dieratkan dan tidak akan ada celah bagi iblis untuk menggoda atupun merusak hubungan yang telah kita jalin secara intim dengan Tuhan.

6. Membantu menjaga kesehatan

Apabila berpuasa seringkali memang dikaitkan dengan manfaat spiritual yang bisa dirasakan oleh mereka yang melakukan puasa, maka kali ini saya akan menambahkan manfaat puasa dari sisi kesehatan. Melakukan puasa sama saja kita memberikan tubuh kita kesempatan untuk sedikit lama terhindar dari berbagai makanan yang bisa merugikan kesehatan tubuh kita. Berpuasa akan membantu kita melakukan detoksifikasi racun yang ada dalam tubuh sehingga racun – racun yang berada dalam tubuh akan keluar dan metabolisme tubuh kita menjadi lebih lancar dan sehat.

Itulah beberapa tujuan puasa kristen yang bisa saya bagikan kepada Anda. Semoga dengan mengetahui beberapa tujuan puasa ini, Anda bisa menjadi semakin mantap dan memiliki tekat yang kuat dalam melakukan puasa Anda. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda dengan membaca artikel dari kami. Jangan lupa untuk juga membaca dan mengetahui lebih jauh mengenai beberapa cara puasa orang kristen yang baik dan benar agar Anda bisa melakukan puasa Anda dengan lancar.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen