Sponsors Link

Dosa Selingkuh Menurut Kristen, Ayat, Larangan Dan Hukumannya

Sponsors Link

Sering kali ada banyak orang Kristen yang belum memahami benar makna dan arti dosa selingkuh menurut Kristen. Padahal dalam Alkitab hal ini jelas dilarang untuk dilakukan dan sebaiknya bertobat jika masih melakukan hal ini. Akan tetapi dunia yang semakin penuh dengan pergumulan dan masalah membuat banyak orang hingga saat ini kehilangan kemuliaan Tuhan dan melakukan dosa perzinahan tersebut.

ads

Sehingga secara tidak langsung hal ini mengundang rasa duka dari Allah dan membuat Tuhan membenci akan perbuatan tersebut. Oleh sebab itu sebaiknya umat Allah yang taat akan ketetapanNya berusaha untuk tidak membuat diri terjatuh dalam kesalahan yang tidak disukai Tuhan. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa informasi tentang dosa selingkuh menurut Kristen, baik ayat Alkitab tentang hal tersebut maupun hukuman serta larangannya.

Larangan Alkitab Akan Dosa Selingkuh

Dalam Alkitab sudah jelas diutarakan bahwa Allah membenci perzinahan menurut Alkitab, termasuk jika melakukan dosa selingkuh yang sama halnya atau tidak berbeda dengan perselingkuhan. Oleh sebab itu ada banyak firman Tuhan yang mengungkapkan hal tersebut dan berusaha menasihati anak Allah untuk tidak melakukan kesalahan tersebut. Ada beberapa larangan dalam firman Allah yang menjelaskan hal ini dengan baik, di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Matius 5:27

“Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah.”

Dari ayat tersebut telah dijelaskan dengan baik dan tepat bahwa semua umat Kristen tidak diijinkan untuk melakukan dosa perzinahan. Oleh sebab itu sudah menjadi kewajiban bagi umat Allah untuk tetap berdoa dan minta pimpinan Roh Kudus supaya tidak jatuh pada dosa yang dibenci oleh Allah tersebut. Karena jika tidak maka hidup akan terus dikuasai oleh ayat Alkitab tentang nafsu duniawai dan membuat umat Kristen tidak mendapat bagian dari Kerajaan Allah. Sebaiknya segera bertobat jika melakukan perselingkuhan terutama jika sudah berkeluarga. Karena hal yang demikian ini bukanlah sesuatu yang disukai oleh Allah.

2. Lukas 18:20

“Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu.”

Dari sepuluh perintah Allah yang telah diturunkan pada umat manusia, salah satunya yaitu tentang tidak boleh melakukan dosa perzinahan. Hal ini sangat penting karena sejak dunia dijadikan memang hawa nafsu paling rentan menuntun umat manusia untuk berpaling dari Allah dan melakukan kekejian yang satu ini. Oleh sebab itu sebaiknya berdoalah yang baik dan berdoalah di dalam Roh untuk mendapat tuntunan Roh Kudus dengan maksimal. Sehingga dengan demikian maka dapat terhindar dari resiko melakukan dosa yang tidak disukai oleh Allah tersebut.

3. Ibrani 13:4

“Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.”

Dalam ayat ini dikatakan bahwa mencemarkan tempat tidur akan membuat orang tersebut dihakimi oleh Allah. Ini karena pada akhirnya nanti semua umat Kristen akan mengalami penghakiman yang akan diberikan oleh Allah sendiri. Karena itu dalam hal ini Allah mencatat setiap perbuatan manusia di dunia dan akan menelanjangi dosa yang diperbuat pada hari penghakiman. Oleh sebab itu sebagai umat Kristen jika tidak ingin terjatuh dalam dosa yang tidak disukai Allah tersebut, sebaiknya ambil waktu berdoa. Dan apabila perlu ambil waktu untuk puasa senin kamis menurut Kristen untuk mencari kehendak Allah dalam hidup kita dan melakukan apa yang baik di hadapan Allah.

Sponsors Link

4. Markus 10:19

“Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, jangan mengurangi hak orang, hormatilah ayahmu dan ibumu!”

Dari sini juga jelas diutarakan bahwa anak Allah hendaknya jauh dari perbuatan yang tidak baik tersebut. Karena segala sesuatu yang dilakukan hanya karena hawa nafsu akan mendatangkan dosa yang tidak disenangi Allah dan dapat membuat umat Kristen jatuh ke dalam dosa dan maut. Padahal hal ini tentu sangat menakutkan dan tidak diinginkan oleh umat manapun. Oleh karena itulah jangan sampai mencoba untuk melakukan perselingkuhan sedikitpun. Karena hal sedikit ini bisa menjadi besar dan akan dituntut pertanggung jawaban dari Allah di hari penghakiman kelak.

5. Amsal 6:32

“Siapa melakukan zinah tidak berakal budi; orang yang berbuat demikian merusak diri.”

ads

Dikatakan bahwa mereka yang jatuh dalam dosa perzinahan sama halnya merusak diri mereka. Memang merusak diri bukan perbuatan yang diinginkan Allah karena hal ini sama saja dengan merusak bait suci Allah. Oleh karena itu hindari segala perbuatan yang cemar dan penuh hawa nafsu. Termasuk perselingkuhan yang tak jauh dari sifat dosa menurut Alkitab yaitu salah satunya dosa perzinahan. Hal ini tidak memberikan kebaikan apapun. Namun sebaliknya membawa kejatuhan dan dosa yang berkepanjangan maupun konsekuensi juga di dunia.

Hukuman Yang Diberikan

Adapun di dalam Alkitab juga telah diberikan penjelasan bahwa perbuatan ini tidak baik dan akan mendapatkan penghukuman dari Allah. Oleh sebab itu hendaknya umat Kristen merasa takut untuk melakukannya. Ingatlah bahwa ada beberapa hukuman yang Allah sebutkan melalui firmanNya yaitu sebagai berikut:

  • Tidak menjadi bagian dari Kerajaan Allah. Memang Tuhan sendiri tidak memberikan kejelasan sejauh mana keselamatan pribadi yang diterima oleh tiap umat manusia. Setiap orang yang percaya kepada Tuhan tentu akan diselamatkan. Namun demikian bukan berarti tidak akan luput dari hukuman dosa. Karena telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap orang Kristen memiliki tugas untuk mengerjakan keselamatannya. Oleh sebab itu dosa selingkuh menurut Kristen berarti tidak mengerjakan keselamatan yang telah Allah berikan secara cuma-cuma. Hendaknya hal ini menjadi perenungan yang panjang bagi tiap umat Allah.
  • Kehilangan kemuliaan Allah, sudah jelas bahwa di Alkitab dikatakan bahwa barang siapa melakukan dosa maka dia akan kehilangan kemuliaan Allah. Dalam hal ini maka kehidupan yang dijalani mereka yang tidak dekat dan bersekutu dengan Allah akan jauh dari gambar maupun rupa Allah. Oleh sebab itu sebaiknya jangan sampai melakukan dosa termasuk berselingkuh yang membuat umat Kristen kehilangan hal tersebut. Karena membangun kembali dari awal bukan perkara yang mudah untuk dilakukan.
  • Konsekuensi di dunia, adapun upah dosa ini juga memberikan konsekuensi di dunia baik itu hamil di luar nikah, sangsi sosial dan bahkan hukuman penjara. Oleh karena itu sebaiknya usahakan untuk dihindari supaya tidak perlu menerima resiko berupa sangsi maupun hukuman di dunia tersebut.
  • Kehilangan berkat, sudah jelas orang yang tidak melakukan kehendak Allah tidak akan mendapatkan berkat. Seperti yang tertulis dalam Alkitab bahwa bukan tangan Tuhan yang kurang panjang tetapi dosa kita yang menghalangi. Termasuk jika melakukan dosa ini maka kita akan jauh dari berkat dan kasih karunia Allah pada kita.
  • Jauh dari Allah. Sudah pasti semua orang yang melakukan dosa akan secara tidak langsung jauh dari Allah. Oleh sebab itu sangat penting untuk berdoa supaya hal ini dapat dilalui dan pribadi kita diubahkan untuk cara bertobat orang Kristen dan melakukan kehendak Allah. Sehingga dengan demikian maka kita akan selalu berada dalam perlindungan Tuhan dan dekat dengan kasih karunia Allah dalam hidup kita.

Cara Menghindari

Tentunya jika mengetahu hal ini bukanlah sesuai dengan keinginan Allah, maka sebaiknya umat Kristen berusaha untuk menghindari hal tersebut. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya tidak tergoda untuk melakukan hal itu dan tetap tertuju pada keinginan Allah.

  • Berdoa, ini merupakan salah satu langkah yang paling efektif dan dapat mudah dilakukan. Selalu berikan waktu untuk berdoa dan mendekat pada Allah. Sehingga tidak ada celah dan jalan bagi dosa untuk menguasai pikiran kita. Dengan doa yang tak putus-putusnya maka Allah akan senantiasa mengaruniakan pendamping yaitu tujuan karunia Roh Kudus yang menuntun kita melakukan segala sesuatu yang berkenan kepada Allah. 
    Sponsors Link

  • Berpuasa, hendaknya hal ini dipertimbangkan jika memang dalam pergumulan yang besar akan melakukan kecenderungan dosa tersebut. Dengan berpuasa maka iblis dapat dilawan dan hati maupun hidup kita akan selalu dipenuhi akan kuasa Roh Kudus yang sudah jelas akan menjauhkan kita dari dosa tersebut.
  • Baca firman, senantiasa baca dan pahami apa saja kehendak Allah dalam hidup kita. Dengan membaca firman maka kita akan memahami bahwa perselingkuhan atau perzinahan ini tidak baik dan tidak diinginkan. Termasuk apa saja konsekuensi yang kita terima karena hal tersebut. Dengan merenungkan firman ini maka kita akan semakin memahami keinginan Allah dan termasuk menghindari dosa tersebut.
  • Bersekutu, dengan selalu bersekutu dan beribadah maka kita akan diberikan kekuatan untuk menghindari dosa. Oleh karena itu jangan meninggalkan persekutuan bersama dengan teman seiman. Karena hal ini yang akan membantu kita melalui hawa nafsu yang tidak baik dan menggantinya dengan perbuatan-perbuatan yang baik sesuai kehendak Bapa.

Itulah beberapa penjelasan tentang dosa selingkuh menurut Kristen. Hendaknya sebagai umat Allah hindari melakukan hal tersebut dan tetap berdoa supaya diberi kekuatan untuk tidak terjatuh dalam kesalahan yang fatal ini. Sebaiknya mintalah pimpinan Roh Kudus dalam kehidupan Anda untuk selalu berpandang dan berpusat kepada Tuhan. Karena dengan demikian maka Allah akan menghindarkan diri kita dari keinginan daging maupun nafsu duniawi yang menjurus kepada ayat Alkitab tentang dosa perzinahan. Dengan melakukan apa yang menjadi kehendak Allah, tentunya hidup kita akan jauh lebih diberkati dan dipenuhi dengan kasih setia Tuhan yang melimpah. Tuhan memberkati.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kristen