Sponsors Link

6 Ayat Alkitab Tentang Kebudayaan Sebaiknya Dipahami Orang Kristen

Sponsors Link

Ada banyak orang Kristen sering kali kurang mengetahui tentang ayat Alkitab tentang kebudayaan. Hal ini bisa jadi karena hal tersebut tidak pernah dituangkan Allah dengan gamblang pada ayat-ayat Alkitab. Bahkan sebagian besar hal ini hanya dituangkan secara tidak langsung saja. Oleh sebab itu agak sulit menelaah tentang hal tersebut. Butuh waktu berdoa dan mencari jawaban dari Allah apakah yang sebenarnya harus dilakukan terhadap tujuan kebudayaan menurut pandangan Kristen tertentu. Supaya jika melakukannya tidak melukai hati Tuhan tetapi di sisi lain juga tidak mengecewakan sesama. Oleh sebab itu, sebaiknya pahami berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang kebudayaan yang diberikan secara tidak langsung.

ads

Menurut Alkitab, sering kali budaya ini dinyatakan sebagai adat istiadat. Oleh sebab itu dalam firman lebih banyak istilah adat istiadat yang menggambarkan kebudayaan yang berlaku. Dengan adanya firman tentang adat budaya ini tentu menjadi salah satu yang harus direnungkan apakah boleh dilakukan atau tidak. Karena beberapa memang merujuk pada asal mula dosa menurut Alkitab. Sehingga sebaiknya jangan sampai dilakukan.

1. Kisah Para Rasul 16:21

“dan mereka mengajarkan adat istiadat, yang kita sebagai orang Rum tidak boleh menerimanya atau menurutinya.”

Ada banyak perintah Allah secara tidak langsung mengajak umat Kristen menjauhi budaya atau adat istiadat nenek moyang. Dalam arti adalah budaya yang tidak sesuai dengan firman Allah. Kebudayaan itu baik, tetapi sebagian tidak sesuai firman. Karena itu perlu bijaksana dalam menanggapi dan melakukan hal tersebut.

2. Markus 7:9

“Yesus berkata pula kepada mereka: “Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat istiadatmu sendiri.”

Sering kali kebudayaan atau adat istiadat bertentangan dengan kehendak Allah. Disinilah peranan Roh Kudus dalam memberikan jawaban apakah kebudayaan tersebut sesuai firman Tuhan atau tidak. Seperti budaya menghormati orang yang lebih tua tentu bukan hal yang salah. Tetapi budaya menghormati arwah leluhur pasti bertentangan dengan ajaran Allah. Hal inilah yang harus disikapi lebih bijaksana agar tidak jatuh dalam sifat dosa menurut Alkitab.

3. Matius 15:6

“orang itu tidak wajib lagi menghormati bapanya atau ibunya. Dengan demikian firman Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadatmu sendiri.”

Sebaiknya jika adat istiadat atau budaya tidak sesuai firman maka segera tinggalkan saja. Bersekutu dengan Tuhan akan membantu supaya tidak jauh dalam dosa melakukan budaya yang tidak disukai Allah. Sama halnya dengan penyembahan berhala, maka Allah menjadi tidak berkenan pada kita umatNya. Oleh sebab itu dengan berdoa atau bahkan puasa senin kamis menurut Kristen membantu kita memperoleh hikmat yang benar.

4. 2 Raja-Raja 17:33

“Mereka berbakti kepada TUHAN, tetapi dalam pada itu mereka beribadah kepada allah mereka sesuai dengan adat bangsa-bangsa yang dari antaranya mereka diangkut tertawan.”

Dalam ayat di atas memang mengkisahkan bagaimana umat Allah masih mengikuti adat atau budaya bangsa lain dan hal ini dibenci oleh Allah. Oleh sebab itu sama halnya dengan saat ini, ada beberapa budaya yang tidak sesuai kehendak Allah. Sehingga harus dihindari. Jangan sampai mencemari tubuh Kristus dengan perbuatan tercela dan memiliki dosa. Sehingga kita selalu berkenan di hadapan Allah dan dilimpahi berkat berkepanjangan.

5. 2 Raja-Raja 17:34

“Sampai hari ini mereka berbuat sesuai dengan adat yang dahulu. Mereka tidak berbakti kepada TUHAN dan tidak berbuat sesuai dengan ketetapan, hukum, undang-undang dan perintah yang diperintahkan TUHAN kepada anak-anak Yakub yang telah dinamai-Nya Israel.”

Sponsors Link

Disini dikatakan bahwa bahkan Bangsa Israel yang disukai Allah sering kali lebih memilih adat istiadat nenek moyang. Padahal kebudayaan tersebut tidak sesuai firman. Di masa kini juga umat Kristen harus hati-hati supaya tidak berbuat kesalahan yang sama. Sikap orang Kristen terhadap kebudayaan juga penting, tetapi firman Allah jauh lebih penting.

6. 1 Petrus 1:18

“Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas.”

Ayat inilah kunci bahwa kita umat Kristen telah ditebus dari dosa akibat budaya dan adat istiadat nenek moyang. Karena itu sebaiknya jangan kembali lagi pada hal tersebut. Hindari melakukan hal tersebut dan berpatoklah pada Allah saja dan firmanNya. Maka kita akan menerima keselamatan dan hidup kekal yang Allah janjikan. Penebusan Yesus telah membantu kita untuk merdeka dari dosa akibat adat budaya nenek moyang kita dahulu.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang kebudayaan beserta penjelasannya. Memang tidak banyak yang memberikan dan membahas hal tersebut secara langsung. Ada hal demi hal yang dijelaskan terpisah dan butuh hikmat bagi anak Allah untuk mengetahui maksud dalam ayat tersebut. Karena itu sebaiknya selalu ingat akan cara berdoa dalam roh dan minta penerangan karunia Roh Kudus dalam memahami pikiran Allah melalui firmanNya. Termasuk jika ingin merenungkan lebih lagi mengenai kebudayaan di sekitar kita. Ada yang diperbolehkan ada pula yang tidak perlu atau tidak boleh. Dengan tuntunan Allah tentunya kita akan lebih mudah untuk menentukan mana yang dikehendaki Allah dan mana yang tidak seusuai.

Sponsors Link
, , , ,