Sponsors Link

3 Penggunaan Uang Menurut Alkitab yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Ada banyak sekali jenis – jenis dosa dalam Alkitab yang bisa kita temui. Dosa apapun yang kita lakukan sekecil apapun itu memiliki dampak pada hubungan kita dengan Tuhan dan hubungan kita pada sesama manusia. Meski begitu karena kasih dan cintaNya yang besar kepada umat manusia, Tuhan sendiri membuka jalan atau pintu pertobatan bagi mereka yang masih ingin berusaha memperbaiki hubungan mereka dengan Tuhan melalui pengampunan dosa dalam kristen.

ads

Dosa yang seringkali kita perbuat biasanya akan berasal dari hal – hal yang kecil dan familiar dengan diri kita, misalnya saja uang. Ada beberapa penggunaan uang menurut Alkitab yang bisa membawa diri kita jatuh kedalam dosa karena uang adalah salah satu hal duniawi yang membuat kita selalu berusaha untuk memenuhi nafsu duniawi kita. Untuk membantu Anda lebih mengerti lebih jauh mengenai hal ini dan membantu mendekatkan kembali hubungan kita kepada Tuhan Yesus, maka berikut ini saya bagikan sedikit informasinya kepada Anda.

1. Membantu Mendekatkan Hubungan dengan Tuhan

Uang digunakan di hampir semua aspek kehidupan kita. Bahkan hal yang paling esensial dalam kehidupan manusia yaitu kebahagian ternyata juga bisa dipengaruhi dengan cukup besar oleh keberadaan sejumlah uang yang dimiliki oleh seseorang. Dengan uang maka akan ada banyak hal yang bisa dibeli dan digunakan untuk membahagiakan diri sendiri.

Penggunaan uang yang tidak benar bisa menjauhkan hubungan kita dengan Tuhan walau kita merasakan banyak kebahagiaan di bumi. Kita jadi lebih mementingkan uang daripada Tuhan. Uang menjadi hal nomor satu yang harus kita miliki. Sikap ini juga bisa tergolong sebagai salah satu arti penyembahan berhala dalam iman kristen.

Hal ini disebabkan oleh sikap manusia yang lebih mengagungkan uang dan mempercayai uang daripada Tuhan sendiri. Tetapi, apabila selama hidup kita didunia kita bisa menahan diri kita dari nafsu – nafsu duniawi yang tidak membawa kita kepada keselamatan selain pada kesesatan maka kita bisa membantu diri ktia sendiri untuk mendekatkan hubungan yang kita miliki dengan Tuhan.

2. Digunakan untuk Membantu Sesama Manusia

Penggunaan uang menurut Alkitab yang tentunya baik selanjutnya adalah apabila uang itu digunakan untuk membantu sesama kita manusia. Sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain tentunya ada baiknya juga apabila kita bisa menggunakan harta atau sejumlah uang yang kita miliki untuk membantu orang lain.

Kekayaan yang kita miliki juga sebenarnya adalah titipan Tuhan yang dipercayakan kepada kita untuk juga digunakan untuk membantu sesama kita yang membutuhkan. Ada banyak kasus dimana seseorang yang sudah berkecukupan atau bahkan memiliki harta yang sangat melimpah tidak mau membantu orang lain karena mereka terlalu mencintai uang yang mereka miliki.

Tidak jarang juga mereka tidak tahu apa yang akan mereka gunakan dengan sejumlah uang yang jumlahnya terus bertambah seiring waktu berjalan. Tentunya, tidak ada salahnya apabila kita mau membantu sesama manusia karena hal ini tidak akan membuat kita menjadi seseorang yang miskin. Dan hal ini akan membantu kita untuk menjalankan tugas orang kristen sebagai garam dan terang dunia dengan lebih baik.

3. Menggunakan Uang secara Bijaksana

Salah satu karakter kristen sejati yang seharusnya dimiliki oleh semua orang adalah tentang bagaimana manusia bisa menggunakan uang mereka secara bijaksana. Saya rasa penggunaan uang dengan bijaksana adalah salah satu kemampuan yang sebaiknya dilatih secara terus menerus. Hidup kita tidaklah hanya bergantung kepada materi secara fisik tetapi juga tergantung pada setiap firman yang diucapkan oleh Tuhan.

Oleh karena itu, segala sesuatu akan lebih baik apabila dilakukan sesuai dengan kapasitasnya. Maksud saya disini adalah, kita menggunakan uang kita seperlunya. Penuhi dulu kebutuhan sehari – hari Anda, dan mungkin Anda bisa menggunakan sisanya untuk memberikan hiburan pada diri Anda. Penggunaan uang yang tidak bijaksana adalah dimana seseorang lebih memilih untuk menghamburkan uangnya pada hal – hal yang sebenarnya tidak diperlukan atau bahkan menggunakan uangnya untuk berbuat dosa dan berfoya-foya. Penggunaan uang menurut Alkitab yang tidak bijaksana seperti inilah yang sebaiknya juga kita hindari.

Selain itu, memiliki kewajiban untuk membayarkan sejumlah uang pajak kepada pemerintah juga adalah salah satu tindakan bijaksana yang memang seharusnya kita lakukan. Uang itu nantinya akan digunakan pemerintah untuk membantu sesama kita yang membutuhkan dan digunakan juga untuk membantu membangun negara menjadi lebih baik lagi.

Jadi itulah sedikit informasi mengenai sudut pandang penggunaan uang menurut Alkitab yang bisa saya bagikan kepada Anda. Semoga informasi ini bisa berguna bagi Anda agar Anda bisa menggunakan uang Anda secara bijaksana. Karena uang sendir dapat digunakan untuk keselamatan ataupun kehancuran, itu semua tergantung pada sikap kita sendiri dalam menanggapi dan menggunakan uang kita.

erima kasih atas waktu yang telah Anda berikan untuk membaca berbagai artikel yang telah kami berikan. Mungkin Anda juga bisa membaca beberapa artikel seputar renungan singkat kristen yang bisa membantu Anda menumbuhkan iman dan kepercayaan kepada Tuhan. Terima kasih dan Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Etika dan Moral