Sponsors Link

15 Perbedaan Agama Kristen Dan Katolik Yang Paling Mendasar

Sponsors Link

Kebanyakan orang berasumsi jika Kristen dan Katolik merupakan agama yang sama dan letak perbedaannya hanya pada gereja saja, namun perlu anda ketahui jika anggapan ini adalah salah.

ads

Kristen dan juga Katolik memang memiliki landasan yang sama yakni kepercayaan jika Tuhan hanya satu, agam Kristen sendiri terbagi menjadi 3 aliran yang berbeda yaitu Kristen Katolik, Kristen Protestan dan juga Kristen Ortodoks.

Namun umat Kristen terbagi menjadi dua golongan besar yaitu Kristen Katolik dan juga Kristen Protestan, pembagian ini memiliki latarbelakang sejarah yang cukup panjang saat Pendeta Martin Luther King memutuskan untuk keluar dari ajaran Katolik di abad ke-8 Masehi, sehingga Martin Luther dan juga para pengikutnya membentuk sebuah aliran baru yang dinamakan Kristen Protestan.

  • Perbedaan Atas Dasar Pengakuan Paus

Perbedaan Kristen dan Katolik yang pertama ada pada pengakuan tiap-tiap umat dengan pemimpin tertinggi di dalam agama tersebut. Pada agama Katolik, sampai saat ini mengakui jika mereka di pimpin oleh Paus, sementara tidak demikian dengan umat Kristen yang tidak mengakui Paus sebagai pemimpin paling tinggi agama.

Pengakuan terhadap paus inilah yang menjadi dasar dari pecahnya agama Kristen menjadi dua agama besar, dimulai saat Paus Leo X yang ajarannya tidak sesuai dengan Alkitab dengan cara menjual surat pengampunan dosa untuk bangsawan dan memakai uang tersebut untuk membangun gereja Basilika yang menjadi gereja paling megah di dunia. Ajaran dari Paus Leo X ini dianggap salah dan di tentang oleh Martin Luther yang kemudian memutuskan untuk keluar dari ajaran Katolik bersama dengan para pengikutnya, para umat Katolik kemudian menganggap Martin Luther sebagai seorang kafir dan menamai Protestan.

  • Perbedaan Dari Segi Alkitab

Tidak hanya berbeda dalam urusan pemimpin tertinggi agama, namun Kristen dan Katolik juga berbeda dalam urusan Alkitab, Alkitab sendiri merupakan pegangan dan panduan dalam menjalani agama.

Dalam Alkitab umat Katolik memiliki 12 tambahan kitab yang bernama kitab Deutro-Kanonika, sementara Alkitab Kristen tidak memiliki 12 tambahan kitab tersebut dan umat Kristen tidak mengakui tentang Deutro-Kanonika tersebut karena doktrin Purgatory dari Martin Luther.

  • Perbedaan Tafsiran Alkitab

Pada ajaran agama Katolik, tafsiran Alkitab hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang sudah ahli yang biasanya disebut dengan Magisterium dan para Magisterium ini berpusat di Roma, Italia, sehingga umat Katolik hanya mengikuti penafsiran dari para Magisterium itu dan tidak diperbolehkan menafsirkan secara individual yang membuat persatuan umat Katolik terjalin dengan erat.

Pada ajaran umat Kristen, penafsiran Alkitab bisa dilakukan oleh siapapun dan semua orang secara bebas bisa menafsirkan dari sudut pandang yang mereka miliki, inilah yang membuat ajaran Protestan kembali terbagi menjadi beberapa aliran seperti conohnya Baptis [GBI], Advent, Kharismatik, Pentakosta dan lain sebagainya.

  • Perbedaan Dalam Pengakuan Orang Kudus
ads

Para umat Katolik sangat percaya dengan para orang kudus atau suci yang memiliki sebutan Santo untuk orang kudus laki-laki dan Santa untuk orang kudus wanita. Nama dari orang kudus Katolik ini banyak di pakai untuk nama gereja seperti contoh gereja Santo Matheus, gereja Santa Maria, gereja Santo Paulus dan lain sebagainya.

Nama orang kudus juga digunakan umat Katolik sebagai nama baptis setiap umat Katolik seperti contohnya Thomas, Maria, Anastasya, Bernadette, Benedictus, Yohanes, Fransiskus Xaverius dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, pada umat Kristen tidak mengakui keberadaan orang kudus tersebut, sedangkan untuk baptis bayi, umat Kristen biasanya memakai nama-nama Nabi seperti contohnya Samuel, Abraham, Adams, David dan sebagainya.

  • Perbedaan pada sakramen suci

Pada agama Katolik ada 7 macam sakramen suci yakni baptis yang umumnya dilakukan pada saat masih bayi atau orang dari luar Katolik yang ingin masuk menjadi Katolik, sakramen Krisma yang diberikan pada saat usia remaja sebagai sakramen penguatan, Ekaristi yang diadakan setiap minggu di gereja, Pentahbisan yang dilakukan untuk menjadi seorang Pastor [Imamat], pernikahan, pengakuan dosa dan juga pengurapan orang sakit. Hal ini berbeda pada agama Kristen, sebab Kristen hanya memiliki 2 upacara atau sakramen saja yakni Baptis dan juga Ekaristi.

  • Perbedaan gender pemuka agama

Pada agama Kristen tidak ada perbedaan gender atau jenis kelamin untuk urusan pemuka agama sehingga laki-laki dan wanita bisa berkesempatan untuk menjadi seorang Pendeta.

Sementara pada agama Katolik, hanya laki-laki saja yang diperbolehkan untuk menjadi seorang pemuka agama atau Pastor dan wanita menjadi seorang biarawati atau suster saja, selain itu Pastor dan juga Biarawati juga tidak diperbolehkan untuk menikah.

  • Perbedaan dalam pengakuan Maria

Pada Katolik teramat mengkultuskan Bunda Maria dan berbeda dengan Kristen yang tidak mengakui keberadaan dari ibu Yesus tersebut. Selain itu, Katolik biasanya memakai patung orang suci yang diletakkan pada gereja seperti patung Yesus, Bunda Maria, Santo dan juga Santa. Akan tetapi dalam Kristen tidak menggunakan patung-patung tersebut dan beranggapan patung sebagai berhala yang sangat dibenci Tuhan serta hanya memakai salib sebagai simbol dari agama.

  • Perbedaan aturan kawin cerai

Perbedaan Kristen dan Katolik selanjutnya adalah dari segi aturan kawin cerai, pada ajaran Katolik, Pastor dan juga Biarawati tidak diperkenankan untuk menikah dan untuk umat yang ingin menikah juga hanya boleh dilakukan satu kali seumur hidup.

Sementara dalam ajaran Kristen, pemuka agama diperbolehkan untuk menikah, begitu juga dengan umatnya serta diperkenankan untuk menikah lebih dari 1 kali dalam hidup.

  • Perbedaan dalam beribadah
Sponsors Link

Cara beribadah Katolik dan juga Kristen juga berbeda, dimana umat Katolik akan membuat tanda salib dengan cara menyentuh bagian dahi, dada, bahu bagian kiri dan bahu bagian kanan secara berurutan, sedangkan umat Kristen tidak melakukan ini pada saat memulai ritual berdoa mereka.

Penyebutan proses ibadah juga berbeda untuk Kristen dan juga Katolik, pada Katolik disebut dengan misa dan pada Kristen disebut dengan kebaktian, akan tetapi meskipun berbeda kedua agama ini tetap menunaikan ibadah di gereja pada hari Minggu.

  • Perbedaan Hierarki atau tingkatan

Pada Katolik terdapat hierarki atau tingkatan yaitu Pastor, Uskup, Kardinal dan Paus, sehingga membuat pemuka Katolik bisa meningkat jabatannya hingga menjadi seorang Paus, sementara pada Kristen tidak memiliki hierarki semacam ini. Selain itu, pada gereja Katolik juga memiliki hierarki atau tingkatan yakni kapel yang merupakan gereja kecil, gereja paroki yang merupakan tempat kedudukan dari Pastor.

Katedral yang merupakan tempat kedudukan dari Uskup atau Kardinal dan juga Basilika yang merupakan tempat kedudukan dari seorang Paus. Semakin tinggi kedudukan hierarki, biasanya dari segi ukuran juga akan semakin besar, sementara pada Kristen tidak memiliki hierarki. Itulah rangkuman ulasan yang bisa kami berikan mengenai Perbedaan Agama Kristen Dan Katolik mendasar yang bisa kami berikan, kami harap ulasan kali ini bisa menambah wawasan anda tanpa ada maksud sedikit pun untuk menghina atau menyudutkan agama tertentu.

  • Perbedaan Berdoa

Dalam agama Kristen hanya melakukan berdoa dengan menutup mata dan melipat tangan, dan kalau bagi agama Katolik melakukan berdoa dengan ada kalimat pembukaan dengan melakukan salib atau yang sering dikenal dengan nama bapa, putera, dan roh kudus amin. Ini dilakukan dalam melakukan pembukaan sebelum berdoa dan setelah penutup akhir dalam berdoa.

  • Perbedaan Pelayanan Gereja

Bagi agama Katolik mempunyai Biarawati dan Biarawan untuk penambahan pelayanan dalam Gereja dan menuntut untuk mereka tidak menikah dan merelakan hidupnya hanya untuk melakukan pelayanan untuk Gereja. Namun, bagi agama Kristen itu tidak ada mereka hanya melakukan pelayanan dengan tidak menikah, itu hanya dengan keinginan dari hati mereka sendiri.

  • Perbedaan Denominasi Gereja

Gereja Kristen dan Gereja Katolik mempunyai bentuk dalam yang berbeda pada keduanya. Gereja Katolik yang biasanya lebih mempunyai banyak perlengkapannya dibandingkan dengan agama Kristen. Agama Katolik yang menambahkan lonceng yang besar dan sedangkan agama Kristen tidak mempunyai lonceng yang besar untuk ibadahnya.

  • Perbedaan Tata Susunan Ibadah

Ibadah penyusunan dalam Gereja Kristen dan Katolik sangatlah lebih berbeda, biasanya dalam Gereja Katolik dia mempunyai ibadah penyusunan yang lebih lama dan banyak dibandingkan dengan ibadah Kristen. Gereja Katolik harus lebih banyak menyiapkan altar persiapan Gereja yang lebih banyak dibandingkan dengan Gereja Kristen.

  • Perbedaan Ajaran Agama Yang Lebih

Jemaat dalam Kristiani hanya mengikuti sesuai dengan pada ajaran Kristen, namun dalam Katolik setidaknya mereka suka menambahkan dan ajaran yang baru dan lebih beda lagi. Dalam doa kedua agama tersebut ada mempunyai doa yang berbeda dan agama Katolik cenderung lebih banyak mempunyai doa.

Ulasan ini kami berikan hanya untuk menambah pengetahuan anda dan juga menjawab pertanyaan yang sering terlintas mengenai perbedaan dari Kristen dan juga Katolik, semoga bisa bermanfaat dan salam damai untuk semua manusia di seluruh dunia, terima kasih.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 29th, April 2017 / 07:16 Oleh :
Kategori : Sosial