Sponsors Link

7 Tanggung Jawab Jemaat Terhadap Gereja Dalam Ajaran Alkitab

Sponsors Link

Meskipun Allah mengaruniakan keselamatan sepada semua manusia yang lahir ke dunia, namun tak banyak yang menerimanya. Oleh sebab itu kita yang beruntung harus mensyukuri karunia-Nya tersebut dengan melaksanakan kewajiban kita terhadap Allah (baca juga: tugas orang kristen sebagai garam dan terang dunia), salah satunya dengan menjadi gereja-Nya. Untuk menjadi anggota jemaat gereja,  seseorang perlu dibaptis kemudian bergabung menjadi jemaat gereja tersebut.

ads

Dalam melaksanakan tanggung jawab sebagai jemaat gereja, seseorang memiliki hak dan kewajiban kepada gerejanya. Hak anggota jemaat terhadap gereja adalah memilih dan dipilih sebagai pengurus gereja atau anggota majelis gereja. Sedangkan kewajiban jemaat kepada gereja adalah menjaga nama baik gereja Tuhan, dan melibatkan diri untuk melayani dan memajukan gereja-Nya. Berikut ini akan kami paparkan tanggung jawab jemaat terhadap gereja secara lebih terperinci.

  1. Memberikan diri untuk dibaptis (Mat.28:19-20; Rom 6:3-5; Kol.2:12). Baptisan merupakan sebuah tanda pertobatan seseorang, juga pernyataan iman serta penerimaan Tuhan Yesus sebagai Juruselamatnya. Selain itu juga menyatakan kesediaannya untuk bergabung menjadi anggota gereja dimana ia dibaptis.
  2. Aktif bersekutu dengan Tuhan dan jemaat gereja lainnya (Kis.Ras. 4:23; 2:42; Ibrani 10:24,25; I Tim. 4:16). Persekutuan merupakan unsur penting dalam pemelliharaan gereja. Jemaat wajib secara rutin menghadiri setiap acara kebaktian di gereja dengan tepat waktu (ITim.4:7-8; ITim.6:6, Kol. 4:5). Namun persekutuan disini bukan hanya mengenai kebaktian, tapi juga melakukan kunjungan, doa, pengajaran Firman Allah, serta saling menasehati dan melayani sesama anggota jemaat gereja lainnya.
  3. Menaati dan menjadi pelaku Firman Tuhan (Yak.1:22). Adalah percuma jika kita rajin datang ke setiap kebaktian, persekutuan doa, pengajaran alkitab, atau persekutuan lainnya namun tidak menaati dan menjadi pelaku Firman Allah. Sebagai orang percaya dan sebagai anggota gereja yang baik, kita wajib memiliki karakter kristen sejati .
  4. Menghormati, mendukung, dan menaruh kepercayaan terhadap gembala gereja serta mengikuti Firman Tuhan yang diajarkannya menurut Alkitab (I Tes.5:7; I Tes.5:12; Ibr.13:7). Melayani Tuhan, meliputi bersaksi mengenai Tuhan Yesus Sang Juruslamat (Yoh.14:6; Kis.4:12); serta memajukan Gereja dan pekerjaan Tuhan (Efs.4:12-16).
  5. Turut memajukan gereja; dengan mencoba mengajak orang lain ke gerja (Mark.16:15; Kis.1:8); dan memberikan persembahan serta perpuluhan yang merupakan milik Tuhan emlalui gereja (Mal.3:8-10; Mat.6:19-21).
  6. Menjadi angggota gereja yang setia dan rela berkorban demi kemuliaan Allah (I Kor. 15:58; Ams. 3:9-10).
  7. Melakukan pengawasan terhadap gereja. Yaitu dengan menegor dan menasehati sesama anggota jemaat ketika mengetahui bahwa ia bersalah (Matius 18:15-17); serta menyambutnya kembali ketika ia menyadari kesalahannya dan bertobat (II Korintus 2:6-11). Pengawasan dalam hal ini terkait dengan kesalahan seperti ajaran sesat (Titus 1:13; 3:10); zinah (I Korintus 5:1-5); dan dosa terbuka (I Timotius 5:20). Anda bisa membaca pengampunan dosa dalam kristen untuk lebih memahaminya.

Demikian artikel mengenai tanggung jawab jemaat terhadap gereja ini. Terdapat 8 tanggung jawab terhadap gereja yang wajib dilaksanakan oleh jemaat, yaitu memberikan diri untuk dibaptis; aktif bersekutu dengan Tuhan dan jemaat gereja, menaati dan menjadi pelaku Firman Tuhan, menghormati, mendukung, dan menaruh kepercayaan terhadap gembala gereja serta mengikuti Firman Tuhan yang diajarkannya menurut Alkitab, melayani Tuhan, turut memajukan gereja, menjadi angggota gereja yang setia dan rela berkorban demi kemuliaan, serta melakukan pengawasan terhadap gereja. Anda bisa membaca artikel cara hidup jemaat perdana untuk lebih mengerti kewajiban jemaat gereja terhadap gereja temoat ia bergabung.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gereja