Sponsors Link

6 Cara Hidup Jemaat Perdana yang Bertahan Sampai Sekarang

Sponsors Link

Mungkin banyak orang mengira bahwa cara hidup yang diterapkan oleh jemaat perdana pada masa yang telah lampau tidaklah relevan untuk dilakukan lagi pada masa saat ini. Ketika kita berusaha untuk melihat kebelakang pada masa yang telah lalu, mungkin jemaat perdana menjadi kumpulan orang yang seolah – olah tidak berkesusahan dan hidupnya dipenuhi kedamaian dan kecukupan. Banyak orang yang mengira apabila pada masa ini mereka menerapkan hal yang sama, hidup mereka bukannya menjadi damai tetapi menjadi semakin suntuk karena ada satu kebiasaan jemaat perdana yang suka membagikan harta milik mereka. Pada dasarnya, sebanyak apapun harta ataupun uang yang kita miliki tidak akan pernah cukup apabila kita sendiri tidak bisa mengerti dan memahami dengan benar apa itu arti bersyukur dalam Alkitab.

ads

Kita seringkali melupakan bahwa manusia hidup tidak hanya dari roti saja melainkan dari setiap firman Allah juga, oleh karena itu sebenarnya kita tidak perlu memiliki kekhawatiran akan hari esok. Untuk membantu kita mengerti lebih jauh baik itu mengenai kerendahan hati ataupun arti syukur, kali ini saya ingin membahas satu hal baru mengenai cara hidup jemaat perdana. Ada beberapa atau bahkan banyak hal penting yang sebenarnya bisa Anda ambil dan contoh dari cara hidup jemaat perdana ini, tetapi saya tidak akan membahas mengenai sejarah gereja perdana. Perihal jemaat perdana dan cara hidup mereka bisa Anda temui pada Kisah Para Rasul 4:32-37.

1. Mengumpulkan dan membagikan harta miliknya

Salah satu cara hidup ataupun gaya hidup yang dimiliki oleh jemaat perdana yang tentunya seringkali kita dengar adalah bahwa jemaat perdana senang untuk mengumpulkan dan membagikan harta milikinya kepada orang lain. Mereka mengumpulkan dan membagi – bagikan harta mereka kepada orang lain yang membutuhkan uluran tangan mereka melalui pemberian harta yang mereka miliki. Harta yang mereka miliki masing – masing  adalah milik bersama.

Dan mereka menggunakannyan sesuai dengan kebutuhan mereka saja tidak berlebihan dan membagikan sisa hartanya kepada orang lain sesuai kebutuhan orang lain tersebut. Membantu sesama kita yang membutuhkan dengan tanpa pamrih ataupun mengharapkan balasan balik dari seseorang yang kita tolong adalah salah satu karakter kristen sejati yang perlu kita miliki secara terus menerus. Jaman sekarang mungkin banyak orang yang akan memperhitungkan banyak hal sebelum mereka mencoba untuk membantu orang lain atau bahkan membagikan harta mereka untuk membantu seseorang keluar dari kesulitan yang sedang dihadapi.

2. Berkumpul dan berdoa bersama

Cara hidup jemaat perdana selanjutnya yang juga seringkali kita ketahui adalah bahwa mereka senang untuk berkumpul dan berdoa bersama – sama. Yesus sendiri pernah mengatakan bahwa dimana ada dua atau tiga orang yang berkumpul dan membicarakan Yesus, maka Yesus sendiri akan berada ditengah – tengah mereka. Kegiatan berkumpul dan berdoa bersama ini sangat berguna dimana setiap orang dalam kelompok bisa saling mendoakan satu sama lain. Dan dengan adanya kehadiran Tuhan sendiri, maka berkat dan rahmat akan tercurah pada saat itu juga.

Jemaat perdana juga tentunya menerapkan beberapa cara berdoa yang baik dan benar sehingga mereka bisa mendapatkan pencurahan rahmat dan memiliki saat teduh yang menenangkan hati. Sebagai umat kristiani yang baik, kita juga sebaiknya berusaha untuk menerapkan beberapa cara berdoa yang baik agar apa yang ingin ktia sampaikan kepada Tuhan dapat tersampaikan dengan baik dan dengan niatan yang tulus. Doa yang dilakukan tidaklah harus panjang dan bertele – tele. Sebaiknya Anda berdoa dengan tulus, hal ini akan lebih baik dibandingkan doa yang panjang dan bertele – tele atau bahkan sampai terkesan bahwa kita meminta banyak hal kepada Tuhan.

3. Setia pada ajaran Para Rasul

Tidak hanya bertekun dalam doa saja tetapi jemaat perdana juga setia pada ajaran Para Rasul. Para Rasul adalah penerus pengajaran Kristus di dunia setelah Kristus kembali ke surga. Dalam pengajarannya, tentu saja Para Rasul menginginkan kita untuk mengerti apa yang Tuhan inginkan untuk hidup kita. Untuk itu, Para Rasul telah berusaha melakukan berbagai cara untuk membantu mempermudah kita mengerti apa yang Tuhan inginkan terjadi dalam hidup kita. Bertekun dan setia dalam ajaran Para Rasul juga menjadi salah satu sifat gereja katolik.

Sponsors Link

Meski Para Rasul pada jaman Kristus terdahulu sudah tidak ada lagi pada jaman ini, tetapi masih ada pengganti Para Rasul yang membawa tanggung jawab yang sama. Diantaranya adalah paus, uskup, iman, diakon, dan biarawan biarawati. Mungkin untuk mengetahui susunan hirarkis ini Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai hirarki gereja katolik. Jadi pada dasarnya, mereka tetap menghargai berbagai usaha yang telah berusaha dilakukan oleh Para Rasul dan tetap dengan setia berusaha juga untuk mendekatkan diri kepada Tuhan baik itu meneladani ajaran Para Rasul maupun dengan berdoa sesuai dengan yang telah diajarkan oleh Yesus sendiri.

4. Tidak egois

Cara hidup jemaat perdana selanjutnya yang bisa kita contoh adalah dengan tidak memiliki sifat egois. Jemaat perdana dengan sukarela membagikan apa yang mereka miliki, mereka bisa tetap hidup berdampingan dengan cara hidup mereka yang seperti itu karena mereka mementingkan kepentingan bersama dan berusaha menyingkirkan sifat egois. Keputusan yang mereka lakukan dan pilih adalah hasil dari keputusan bersama. Apabila ada sifat egois yang mementingkan kepentingan pribadi, tentunya jemaat perdana tidak akan pernah ada karena sifat ini hanya mmbawa keruntuhan pada jemaat perdana dan bukannya persatuan.

Ukuran pertumbuhan rohani Anda bisa juga dilihat dari besarnya usaha yang Anda lakukan secara terus menerus untuk menghilangkan sifat egois yang ada dalam diri Anda. Semakin berjalannya waktu dan usia dunia yang tidak semakin bertambah muda ini keegoisan yang  berada dalam diri manusia semakin bertambah. Banyak dari kita yang merasa bahwa kita mampu melakukan segala sesuatu dengan mengandalkan kemampuan kita sendiri. Segala sesuatu yang kita lakukan hanyalah untuk kepentingan dan keuntungan diri kita sendiri. Keegoisan kita akan semakin nampak ketika kita hanya meminta tolong bantuan orang lain hanya untuk mebantu kita mendapatkan apa yang ingin kita dapatkan. Ketika orang lain membutuhkan bantuan kita, kita tidak mau menolong mereka kembali.

Sponsors Link

5. Rukun antara satu dan lainnya

Tidak memiliki sifat egois adalah salah satu hal yang bisa membuat kerukunan itu terjadi. Kerukunan yang nampak dan ada pada jemaat perdana ini muncul karena mereka bisa mengerti satu sama lain, tidak egois, bertoleransi, dan tidak rakus atas sesuatu hal yang mereka miliki. Saya rasa hal ini sangat penting untuk kita mengerti karena dalam kondisi dunia saat ini sangatlah mudah untuk terjadi perpecahan yang bahkan berasal dari masalah kecil yang sangat sepele yang seharusnya bisa diselesaikan dengan cara yang baik. Mungkin kita sebagai manusia yang serba berkekurangan masih membutuhkan banyak manfaat berdoa bagi orang kristen.

Kita sebaiknya sering – sering berdoa dan merefleksikan segala sesuatu yang dirasa kurang benar untuk dilakukan oleh diri kita sendiri. Dengan begini, diharapkan situasi kerukunan masih bisa terwujud dan berkembang sehingga adanya perpecahan bisa diminimalisir. Jangan mementingkan diri sendiri, cobalah untuk juga mengerti kondisi dan perasaan orang lain. Coba juga untuk memposisikan diri Anda pada posisi orang lain, mungkin dengan begini Anda bisa lebih mengerti apa yang ia rasakan.

6. Hidup dalam kasih karunia Tuhan

Cara hidup jemaat perdana yang juga penting untuk kita ketahui adalah mereka yang hidup dalam kasih karunia Tuhan. Mereka tidak ragu dan khawatir akan apa yang harus mereka makan pada keesokan harinya meski hari ini mereka telah membagi – bagikan harta mereka kepada orang lain yang membutuhkan. Mereka yakin dan percaya bahwa apa yang mereka lakukan akan menyenangkan Tuhan, dan hidup mereka seutuhnya adalah kepunyaan Tuhan. Jadi, mereka tidak ragu atas kuasa dan rancangan Tuhan dalam hidup mereka. Bukankah meragukan kusa Tuhan atau bahkan khawatir akan hal – hal terkecil dalam hidup kita ini sudah termasuk kedalam dosa? Meragukan Tuhan dan selalu memiliki rasa khawatir dapat tergolong kedalam salah satu contoh perbuatan dosa dalam kristen. Karena dengan adanya keraguan dan kekhawatiran itulah biasanya kita akan dengan mudah terlena godaan iblis yang jahat.

Itulah beberapa cara hidup jemaat perdana yang bisa saya bagikan kepada Anda. Semoga dengan mengenali dan mengetahui kembali beberapa cara hidup yang pernah diterapkan oleh jemaat perdana ini bisa membantu menginspirasi Anda untuk terus dan tetap berbuat baik dan berada pada jalan Tuhan. Saya yakin Anda pasti bisa mengambil beberapa poin yang penting dari cara hidup jemaat perdana ini. Dan dengan begitu maka kita semua dapat menjalankan tugas orang kristen sebagai garam dan terang dunia dengan sebaik – baiknya. Terima kasih karena Anda telah mau meluangkan waktu bersama kami dengan membaca beberapa artikel yang kami sediakan. Kami juga menyediakan beberapa renungan singkat kristen yang isa membantu Anda memiliki saat teduh yang lebih baik dengan merenungkan dan merefleksikan segala sesuatu yang pernah terjadi dalam hidup Anda. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Gereja