Sponsors Link

15 Gereja Protestan dan Katolik Terbesar di Dunia

Sponsors Link

Makna paskah banyak peninggalan di dunia yang patut kita kagumi. Salah satunya ialah bangunan gereja. Sebagai agama dengan jumlah umat terbanyak di dunia, Kristen dan Katolik memiliki banyak Gereja. Jumlahnya tersebar di seluruh daerah di dunia. Baik di pusat kota, maupun di daerah pedesaan sekalipun.

ads

Jika dikaji, banyak bangunan Gereja terbesar yang ada di dunia. Banyak pula diantaranya termasuk Gereja megah yang ada di dunia. Kemegahannya tampak dari struktur bangunan. Selain itu, tambahan stupa atau patung juga menjadi nilai plus yang akan menambah kemegahan gereja. Gereja adalah tempat beribadah bagi umat Kristen dan Katolik. Barang-barang di dalam Gereja pun berbeda-beda. Semua ini tergantung pada kebutuhan setiap gereja itu sendiri.Gereja manakah yang terbesar di dunia? Daripada kamu penasaran, berikut adalah ulasannya:

1. Gereja St. Peter’s Basilica, Kota Vatikan

Gereja St. Peter's Basilica, Kota VatikanGereja terbesar pertama di dunia adalah St. Peter’s Basilica. Bangunan gereja ini merupakan yang terbesar pada sejarah agama Kristen yang pernah ada. Panjang bangunan 220 m dengan lebar 150 m. Hal ini membuat gereja ini mampu menampung umat sebanyak 60.000 orang. Selain yang paling besar, gereja ini juga dikenal karena kubahnya yang mendulang tinggi.

Fakta unik tentang gereja ini, antara lain:

  • Sampai sekarang, gereja ini masih menjadi pusat-pusat perayaan penting umat Katolik. Misalnya saja ketika perayaan Paskah dan Natal.
  • Umatnya yang datang beribadah tidak pernah sepi. Banyak umat Katolik dari seluruh dunia yang berbondong-bondong hadir ke gereja ini. Wajar saja, karena pada perayaan besar, misanya dipimpin oleh seorang Paus.
  • Adanya sebuah obelisk di depan Gereja. Obelisk ini dibangun sejak zaman Romawi Kuno. Bangunan ini sengaja dipertahankan karena dianggap sebagai bangunan saksi kemartiran St. Petrus.

2. Gereja Basilica of the National Shrine of Our Lady of Aparecida ( Aparecida, Brazil)

Gereja Basilica of the National Shrine of Our Lady of Aparecida ( Aparecida, Brazil)Gereja selanjutnya berada di Brazil. Ada banyak bangunan gereja terbesar mempunyai tujuan pernikahan Kristen dan megah di negeri Samba ini. Namun, pilihannya jatuh pada Basilica of the National Shrine of Our Lady of Aparecida. Pembangunan gereja ini ditujukan kepada Bunda Maria. Yang lebih dikenal sebagai Bunda Tanpa Noda. Hal ini dapat diketahui dari nama gereja tersebut.

  • Gereja ini diresmikan pada tanggal 4 Juli 1980. Bangunannya berdiri dengan panjang 173 m, lebar 168 m, dan tinggi 100 m. Gereja ini mampu menampung jumlah umat sebanyak 45.000 – 70.000 orang.
  • Pada tanggal 24 Juli 2013, Paus Fransiskus datang ke gereja ini. Tujuannya untuk memberikan penghormatan bagi Bunda Maria dari Aparecida. Tanggal tersebut juga bertepatan dengan Hari Orang Muda Sedunia

Untuk tinggi kubahnya, gereja ini tidak sebanding dengan St. Peter’s Basilica. Mengapa? Karena tinggi kubahnya hanya 70 m saja. Berkali-kali lipat lebih kecil dibandingkan St. Peter.Gereja ini dibangun bagi umat Katolik. Karena sebagian besar penduduk umat Brazil memang beragama Katolik. Gereja ini mengadakan misa setiap hari Minggu. Begitu juga dengan hari-hari besar yang ada di dunia.

3. Gereja Catedral de Santa Maria de la Sede

Gereja Catedral de Santa Maria de la SedeDalam Bahasa Indonesia, gereja ini dikenal dengan Gereja Santa Maria dari Tahta. Namun, nama ini terlalu panjang sehingga umat lebih alasan orang Islam masuk Kristen senang menyebutnya sebagai Katedral Seville. Terletak di kota Sevilla, Spanyol menjadikan gereja ini terbesar nomor tiga di dunia. Bangunan gereja ini sangat Gothik dan dihiasi dengan keindahan arsitekturnya.

Fakta unik tentang gereja ini, antara lain:

  • Awal mulanya, gereja ini adalah sebuah masjid peninggalan bangsa Moor yang pernah menguasai Spanyol. Namun, gereja ini runtuh dan mengalami kerusakan parah pada tahun 1356
  • Pada tahun 1402, masyarakat sekitar resmi membangunnamya sebagai Gereja Katolik
  • Sejak tahun 1987, Gereja ini resmi dijadikan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO. Hal ini karena bangunan ini termasuk salah satu bangunan bersejarah yang perlu dilestarikan
  • Cathedral de Santa Maria memiliki panjang 135 m, lebar 100 m, tinggi 42 m, dengan tinggi kubah 105 m
  • Adanya minaret masjid yang dijadikan sebagai lonceng gereja
  • Gereja ini juga dijadikan sebagai makam dari Christopher Colombus

Ketika kamu liburan ke Spanyol, jangan lupa untuk datang ke kota Sevilla. Ada banyak bangunan bersejarah yang bisa kamu lihat di kota ini. Seperti gereja, museum, dan bangunan Gothik lainnya.

4. Gereja Cathedral St. John The Divine (New York)

Gereja Cathedral St. John The Divine (New York)Gereja terbesar lainnya ada di kota New York, Amerika Serikat. Cathedral St. John ini diklaim sebagai perpaduan dari Gereja Anglikan dan Gereja Kristen di Amerika. Pada mulanya, bangunan gereja ini telah didesain pada tahun 1888. Namun, baru bisa digunakan pada tahun 1892.

Fakta unik tentang gereja ini, antara lain:

  • Pernah mengalami interupsi dan kerusakan akibat Perang Dunia ke-2
  • Pada tahun 1909, gereja ini didesain kembali. Dulunya bergaya Byzantine Revival-Romanesque Revival, kini telah bergaya Gothic Revival
  • Tanggal 18 Desember 2001, terjadi pembakaran besar-besaran. Hal ini mengakibatkan gereja harus ditutup dan direnovasi ulang. Proses renovasi selesai dan gereja dapat difungsikan kembali pada bulan November tahun 2008
  • Gereja ini mendapat julukan sebagai St. John Unfinished
  • Memiliki panjang 183,2 m dengan tinggi 70,7 m

5. Gereja Liverpool Cathedral, United Kingdom

Sponsors Link

Gereja Liverpool Cathedral, United KingdomGereja Liverpool Cathedral ini merupakan gereja nomor lima terbesar di dunia. Bangunan ini dibangun di Gunung St. James di Liverpool. Gereja yang dulunya bernama Liverpool Cathedral kini telah berganti nama menjadi Cathedral Church of Christ. Mengapa? Adanya tujuan hidup orang Kristenmenjadi kebangkitan Yesus Kristus menjadi landasan pergantian nama gereja ini.

Fakta unik dari gereja ini, antara lain:

  • Bahan utama yang digunakan untuk membangunnya terdiri dari batu dan pasir
  • Memiliki lonceng terbesar dengan letak tertinggi yaitu 219 ft.
  • Lonceng tersebut bernama Bartlett Bells dengan berat 31 ton
  • Gereja ini memiliki kapel yang berada tergabung dengan gereja. Sehingga panjang gerejanya mencapai 189 m. Jika kapel tidak diikutkan, maka panjang gereja menjadi 15 m, dengan tinggi 101m

6. Gereja Church of The Most Holy Trinity, Portugal

Gereja Church of The Most Holy Trinity, PortugalGereja ini merupakan cara beribadah agama Kristen Gereja Katolik Roma yang ada di Portugal. Usia gereja ini masih sangatlah muda jika dibandingkan dengan gereja yang disebutkan di atas. Gereja ini telah ada pada tahun 1996, namun dibangun kembali pada tahun 2004. Gereja ini akhirnya selesai pada tahun 2007. Gereja ini resmi ditahbiskan pada tanggal 12 Oktober 2007.

Fakta unik gereja ini, antara lain:

  • Bentuknya lain dari gereja pada umumnya
  • Gereja ini tidak memiliki kubah yang mendulang tinggi ke atas. Melainkan bangunannya yang lebar ke samping
  • Maria Fatima diduga pernah datang ke gereja ini. Hal inilah mengapa gereja ditahbiskan pada tanggal 12 Oktober 2007
  • Dapat menampung 9.000 umat
  • Panjang gereja ini 95 m dengan lebar 115 m

7. Gereja Milan Cathedral, Milan

Gereja Milan Cathedral, MilanItalia merupakan negara dengan peninggalan sejarah terbanyak. Khususnya pada bangunan gerejanya. Milan Cathedral adalah nama lain dari Duomo di Milano. Gereja ini terletak di pusat kota Milan. Didesain dengan gaya Gothik, menjadikan gereja ini sangat termasyur di jagad Eropa. Bentuk bangunan gereja ini sangat menyerupai katedral. Lain halnya dengan Basilika St. Peter dan Cathedral Seville.

Apa yang unik dari gereja ini?

  • Merupakan gereja terbesar nomor dua di Italy
  • Bangunannya sangat elegan, terdiri dari kaca-kaca besar yang terdapat pada gereja
  • Perpaduan warna gereja yang sangat Gothik
  • Desain interior gereja sangatlah mewah
  • Sering dijadikan sebagai tempat berkunjung. Tidak hanya bagi agama Katolik saja, melainkan semua agama yang ada di dunia
  • Panjangnya 157 m dengan lebar 92 m
  • Memiliki daya tampung sebesar 40.000 orang

8. Gereja Basilica of The Sacret Heart, Belgia

Gereja Basilica of The Sacret Heart, BelgiaGereja ini terletak di kota Brussels, Belgia. Merupakan gereja Katolik Roma terbesar yang ada di Belgia. Pemberian nama “Secret Heart” ini berasal dari Gereja du Sacre Coeur di Paris. Pada Perang Dunia ke-2, pembangunan gereja ini sempat terhenti. Namun, hal itu bukan menjadi penghalang. Buktinya, gereja megah ini bisa berdiri dan beroperasi hingga saat ini.

Fakta unik gereja ini, antara lain:

  • Pada tahun 1905, Raja Leopold II meletakkan batu pertama pada gereja ini. Perayaan ini berlangsung bertepatan dengan ulang tahun kemerdekaan Belgia yang ke-75
  • Memiliki panjang 164,5 m dan lebar 107,80 m
  • Gereja ini memiliki situs resmi

9. Gereja Basilica of Our Lady of Peace

Gereja Basilica of Our Lady of PeaceDari namanya saja, kita sudah mengetahui kalau sejarah agama kristen menyangkut dengan gereja ini dibangun untuk penghormatan kepada seorang wanita pendamai di Yamoussoukro. Gereja ini dibangun pada tahun 1985 dan 1989. Pada saat pembangunan, pihak konstruksi menetapkan harga yang berbeda-beda. Namun, hal itu bukan merupakan penghambat keberlangsungan pembangunan gereja.

Fakta unik dari gereja ini, antara lain:

  • Merupakan gereja terbesar yang dapat menyaingi Gereja St. Peter di Vatikan
  • Gereja ini dibangun pada area seluas 30.000 meter persegi dan tinggi 158 meter
  • Jumlah umat yang dapat beribadah mencapai 18.000 orang
  • Didesain oleh seorang arsitek berkebangsaan Lebanon bernama Pierre Fakhoury
  • Gereja dibangun dengan batuan marmer sebagai bahan utamanya

10. Gereja Sanctuary of Our Lady of Lichen, Polandia

Gereja Sanctuary of Our Lady of Lichen, PolandiaGereja terbesar selanjutnya ada di negara Polandia, tepatnya di Lichen Stary. Sanchtuary of Our Lady adalah gereja Katolik Roma terbesar yang ada di Polandia. Bangunannya didesain oleh seorang wanita bernama Barbara Bielecka. Dibangun pada tahun 1994 hingga tahun 2004. Proses yang sangat lama, bukan?

Fakta unik tentang gereja ini, antara lain:

  • Dibangun untuk menghormati Bunda Maria yang dikenal sebagai Bunda Perawan, Bunda Tanpa Noda
  • Di dalam gereja, terdapat lukisan “Our Lady of Sorrows, Queens of Poland” yang telah berumur 200 tahun lamanya
  • Panjang gereja 120 m dan lebarnya 77 m

Lukisan Queen of Poland dibuat pada tahun 1772. Lukisan ini dinamakan “Our Lady of Sorrows” atau Ratu Kepedihan karena sang Ratu mati akibat tusukan tujuh buah panah di dadanya. Untuk mengenang “Our Lady of Sorrows”, umat katolik yang ada di Polandia melakukan penghormatan tepatnya setiap tanggal 15 September setiap tahun.

11. Gereja Katedral Santa Perawan Maria di Angkat ke Surga, Jakarta, Indonesia

ads

Gereja Katedral Santa Perawan Maria di Angkat ke Surga, Jakarta, IndonesiaSeusai membahas gereja terbesat di Eropa, kali ini kita akan membahas gereja terbesar di Asia. Posisi pertama diduduki oleh Katedral Santa Perawan Maria yang ada di Jakarta, Indonesia. Gereja ini dibangun berhadapan dengan Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Gereja ini mirip dengan Katedral yang ada di luar negeri. Bangunan Gothiknya menjadi peninggalan bersejarah yang sangat bernilai bagi masyarakat Katolik di Indonesia.

Fakta unik tentang gereja ini, antara lain:

  • Setiap Sabtu dan Minggu, gereja ini selalu penuh dihadiri oleh umat Katolik yang ada di Jakarta
  • Gereja ini dirancang oleh seorang Pastor bernama Antonius Dijkmans
  • Peletakan batu pertama di gereja ini dilakukan oleh Pro-vikaris bernama Carolus Wenneker
  • Gereja ini diresmikan pada tahun 1901 oleh Mgr. Edmundus Sybradus Luypen
  • Pada tanggal 20 Desember 2000, gereja ini pernah terkena ledakan bom. Namun, kuasa Tuhan terjadi, sehingga gereja ini tidak hancur dan masih dapat berdiri megah hingga sekarang

12. Gereja Holy Rosary Church, Kuala Lumpur, Malaysia

Gereja Holy Rosary Church, Kuala Lumpur, MalaysiaMalaysia dikenal sebagai negara dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam. Namun, tak ada yang pernah menyangka bahwa bangunan gereja besar dan megah berdiri disana. Pembangunan gereja ini memang diperuntukkan bagi umat Katolik Roma khususnya etnis Cina yang ada di Melayu.

Maka kamu tak perlu heran jika mendapati aksara Cina di sepanjang dinding gereja. Gereja resmi didirikan pada tahun 1883. Berikut bentuk tampilan dari bentuk gereja holy rosary di Malaysia:

  • Ketinggiannya mencapai 1.366 m.
  • Diantara semua gereja Kristen, St. Peter’s Basilica dianggap yang paling suci. Terletak di kota Vatikan, dan dikelilingi oleh kota Roma.
  • Gereja ini didirikan pada masa pemerintahan Kaisar Konstantinus I.

13. Church of San Agustin, Paoay, Filipina

Church of San Agustin, Paoay, FilipinaChurch of San Agustin atau dalam Bahasa Spanyol Iglesia de San Agustin de Paoay ini merupakan gereja bagi umat Katolik Roma yang ada di Filipina. Gereja ini sangat terkenal karena karena kemegahannya yang terletak pada bagian samping dan belakang gereja.

Fakta unik tentang gereja ini, antara lain:

  • Sebagai gereja termegah nomor satu yang ada di Filipina
  • Berhasil didirikan pada tahun 1710
  • Pada tahun 1973, Church of San Agustin diresmikan sebagai salah satu Warisan Kebudayaan Nasional oleh Pemerintahan di Filipina
  • Mendapat penghargaan dari UNESCO World Heritage Site pada tahun 1993
  • Panjang gereja 110 m dan lebarnya 40 m
  • Bahan utama pembuatan gereja adalah batu bata dan batu karang

14. Assumption Cathedral, Bangkok, Thailand

Assumption Cathedral, Bangkok, ThailandGereja ini merupakan gereja Katolik Roma yang berdekatan dengan Assumption College di Thailand. Pada awalnya, Uskup Florens adalah kepala dari “Siam Mission” pada tahun 1820. Tanah yang ada di sekitarnya sengaja dibeli untuk membangun gereja yang megah. Gereja ini diperuntukkan untuk penghormatan kepada Bunda Maria.

Fakta unik dari gereja ini, antara lain:

  • Pernah didatangi oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1984, saat beliau datang berkunjung ke Thailand
  • Bangunannya mendapat pengaruh dari Kekaisaran Romawi
  • Gereja bergaya Gothik yang dibangun oleh para misionaris dari Prancis

15. Harajuku Church, Tokyo, Jepang

Harajuku Church, Tokyo, JepangGereja terbesar terakhir berada di Negeri Sakura yakni Jepang. Belakangan ini, perkembangan agama Kristen di Jepang sangatlah pesat. Sehingga banyak bermunculan gereja baru. Salah satunya gereja Harajuku.

Fakta unik tentang gereja ini, antara lain:

  • Dirancang oleh Ciel Rouge dari Prancis dengan gaya modern
  • Merupakan Gereja Kristen yang sangat mewah yang ada di Jepang
  • Desain gereja yang cukup unik, dan didominasi oleh warna putih. Termasuk dinding dan bangku untuk seluruh umat yang hadir

Gereja merupakan peninggalan bersejarah yang perlu dijaga. Terutama di era kehidupan yang modern sekarang, dimana orang telah mengabaikan keberadaan gereja. Banyaknya penganut Atheis menjadi penyebab mengapa populasi agama Kristen dan Katolik semakin berkurang dari tahun ke tahun. Bahkan banyak gereja yang saat ini telah dijual untuk pembangunan sebuah diskotik.

Sebagai anak-anak Tuhan, kamu disarankan untuk selalu pergi beribadat ke gereja. Tidak hanya pada hari besar saja, namun juga pada hari Minggu biasa. Semoga informasi 15 gereja terbesar di dunia di atas bisa menjadi referensi untuk menambah pengetahuanmu.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 20th, May 2017 / 05:07 Oleh :
Kategori : Gereja