Sponsors Link

10 Perbedaan Islam dan Kristen Tentang Nabi ISA

Sponsors Link

Perbedaan Islam dan Kristen dan Kristen merupakan dua agama yang berbeda. Tidak hanya dari cara berdoa saja. Namun, juga dengan makna kebangkitan Yesus dan kitab sucinya. Dimana kitab suci agama Islam adalah Al-Quran. Sedangkan kitab suci agama Kristen ialah Alkitab (Bible). Hal ini terdapat dalam Trinitas. Untuk itulah, setiap Kristen dituntut untuk mengerti tentang Trinitas. Tujuannya agar tidak salah mengartikan makna dari Bapa dan Anak. Pertanyaan yang sering muncul mengenai agama Islam dan Kristen, antara lain:

ads
  • Apakah Islam dan Kristen adalah dua agama yang memiliki kesamaan?
  • Benarkah nabi-nabi dalam Islam sama dengan nabi-nabi dalam Kristen?
  • Apakah Islam dan Kristen mengajarkan hal yang sama tentang Yesus?

Dalam kedua agama, Tuhan adalah Allah. Bagi umat Islam, Allah adalah Bapa, sedangkan bagi Kristen, Yesus adalah Anak dan Allah adalah Bapa. Daripada kamu bingung, simak penjelasannya tentang perbedaan Islam dan Kristen tentang nabi Isa yaitu Tuhan Yesus berikut ini:

1. Dalam Islam “Allah adalah Tuhan” dalam Kristen “Yahweh adalah Tuhan”

  • Islam: Islam mengenal Tuhan sebagai Allah. Ia adalah Esa yang absolut alias mutlak (Tauhid). Hal ini terdapat dalam Sura 112 “Ia adalah Allah, Yang Esa dan satu-satunya.”
  • Kristen: Tuhan yang Esa adalah sebuah Trinitas yang kekal. Trinitas terdiri dari Allah Bapa, Putra, dan Roh Kudus.
    Yesaya 42:8 “Aku ini Tuhan, itulah nama-Ku. Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung.”

2. Dalam Islam “Allah Bukanlah Tuhan yang Mengasihi” dalam Kristen “Tuhan itu Kasih”

  • Islam: Allah bukanlah Tuhan yang Mengasihi. Ia tidak mengasihi orang berdosa. Hal ini terdapat dalam Sura 2:276 “Allah menghancurkan kesenangan dan menaikkan upah orang yang beramal. Allah tidak menyukai orang yang berbuat dosa.”
  • Kristen: Tuhan itu Maha Pengasih. Gereja terbesar di dunia yang sering diceritakan firman tentang Yesus rela mati di kayu salib demi pengampunan dosa umat manusia.
    Roma 5:8 “Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita msih berdosa.”

3. Dalam Islam “Allah Adalah Pencipta” dalam Kristen “Yahweh Adalah Pencipta”

Sponsors Link

  • Islam: Allah adalah pencipta dunia ini. Terdapat dalam kitab Sura 13:16 “Katakanlah, siapa Tuhan langit dan bumi? Katakanlah “Allah” Katakanlah, “apakah Anda kemudian mengambil alih-alih sekutu-Nya yang tidak memiliki keuntungan atau kerugian?” Katakanlah, “apakah orang buta itu setara dengan penglihatannya? Atau apakah kegelapan itu setara dengan terang?” … (dan seterusnya)
  • Kristen: Yahweh itu Penguasa. Pencipta dan Penopang dunia ini. Hal ini terdapat makna paskah dalam kitab Mazmur 148:5 “Baiklah semuanya memuji nama Tuhan, sebab Dia memberi perintah, maka semuanya tercipta.”

4. Dalam Islam “Allah Tidak Menyatakan Dirinya Kepada Umat Manusia” dalam Kristen “Yahweh Menyatakan Dirinya di dalam Kristus Yesus”

  • Islam: Allah tidak memerlukan siapapun, Allah bisa menetapkan apapun sesuai rencana yang sudah ia tetapkan. Hal ini ditentukan sesuai dengan hikmat dan kemurahan hati-Nya.
  • Kristen: Ia telah menyatakan dirin-Nya di dalam diri Tuhan Yesus. Hal ini diperkuat dalam Injil Yohanes 14:9 “Kata Yesus kepadanya: Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata tunjukkanlah Bapa itu kepada kami”

5. Dalam Islam “Allah Bukanlah Bapa” dalam Kristen “Yahweh Elohim Adalah Bapa”

  • Islam: Allah itu transenden dan berkuasa. Ia tidak dapat disebut sebagai Bapa.
  • Kristen: Tuhan adalah Bapa sorgawi yang dapat kita kenal. Walaupun kita tidak dapat melihat-Nya. Tetapi kita dapat merasakan kalau sejarah agama Kristen Ia hadir di dalam hidup kita.1 Yohanes 3:2 “Saudara-saudara-Ku yang terkasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah. Tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.”

6. Dalam Islam “Yesus Bukanlah Putra Tuhan” dalam Kristen “Yesus Adalah Putra Yahweh”

  • Islam: Yesus adalah ciptaan dan hanyalah seorang manusia biasa. Yesus bukanlah Putra Allah dan tidak Ilahi.
  • Kristen: Yesus adalah manusia dan Tuha yang sejati. Ia adalah Putra Allah. Dengan tujuan pernikahan Kristen yang terdapat di Matius 3:17 “Lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nya lah Aku berkenan.”

7. Dalam Islam “Yesus Tidak Mati di Salib dan Tidak Bangkit dari Kematian” dalam Kristen “Yesus Mati di Salib dan Bangkit Kembali”

  • Islam: Dalam Islam, Yesus tidak mati dan bangkit dari kematian. Ada orang lain yang menggantikan-Nya di kayu salib. Islam mempercayai bahwa Allah tidak akan mengizinkan salah satu Nabi-Nya mengalami penderitaan dan penghinaan.
  • Kristen: Yesus menyerahkan dirinya untuk menebus umat manusia. Setelah dikuburkan selama tiga hari, ia bangkit kembali. Hal ini menunjukkan bahwa Kuasa Allah bekerja atas-Nya.

8. Dalam Islam “Yesus Adalah Seorang Nabi” dalam Kristen “Yesus Adalah Pemenuhan Semua Nabi”

  • Islam: Yesus adalah seorang nabi yang besar yang diutus Allah dan dihormati oleh seluruh umat. Ia mengaku diri-Nya adalah nabi pertama dan terakhir.
  • Kristen: Yesus adalah penggenapan di dalam Hukum Taurat dan merupakan seorang nabi.Matius 5:17 “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.”
ads

9. Dalam Islam “Yesus Akan Datang Kembali tapi Sebagai Seorang Muslim” dalam Kristen “Yesus Akan Datang Kembali Sebagai Raja Atas Segala Raja dan Tuhan Segala Tuan”

  • Islam: Pada hari kiamat, Yesus akan kembali ke dunia untuk kedua kalinya. Namun, sebagai seorang Muslim. Lalu, Yesus akan menikah. Ia akan memiliki anak dan akan membuat semua Kristen memeluk agama Islam.
  • Kristen: Pada kedatangan-Nya yang kedua kali, Yesus akan kembali berkuasa atas segala bumi dan isinya. Sehingga banyak alasan orang Islam masuk Kristen Matius 24:30 “Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemulian-Nya.

10. Dalam Islam “Keselamatan dari Yesus Diperoleh Melalui Perbuatan” dalam Kristen “Keselamatan dari Yesus Diperoleh Dengan Iman Kepercayaan”

  • Islam: Manusia harus tunduk kepada Allah untuk mendapatkan pengampunan. Di dalam Islam, tidak ada penebusan dosa.
  • Kristen: Umat Kristen memperoleh keselamatan melalui iman dan karya penyelamatan yang dilakukan tujuan hidup orang Kristen sebagai teladan Yesus di salib. Namun, kita juga dituntut untuk melakukan perbuatan baik untuk memperoleh keselamatan.

Selain perbedaan pada Nabi ISA, Islam dan Kristen juga masih memiliki banyak perbedaan lainnya. Namun, perbedaan tersebut bukanlah sebagai pemecah persatuan. Melainkan sebagai langkah untuk mempererat persatuan. Semoga 10 perbedaan Islam dan Kristen tentang Nabi ISA di atas dapat menambah pengetahuanmu. Sekian.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, May 2017 / 08:04 Oleh :
Kategori : Kristen