Sponsors Link

Bahasa Roh: Asal, Macam, dan Maknanya

Sponsors Link

Banyak dari kita sering mendengar bahasa ucapan Roh. Bahkan dalam khotbah di gereja, bahasa Roh sering diucapkan oleh Pendeta atau Pastor. Saat perayaan Ekaristi dimulai di gereja, kita dapat melihat banyak orang seakan-akan mendapatkan karunia Roh Kudus. Secara langsung juga mereka berbicara dalam bahasa asing yang tidak kita mengerti. Apakah yang mereka bicarakan? Sebegitu pentingkah bahasa ucapan Roh itu diucapkan?

ads

1 Korintus 12:10 “Kepada yang seorang, Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mukjizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa ucapan roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa ucapan roh itu.”

Arti Bahasa Ucapan Roh

Bahasa ucapan Roh sering juga disebut dengan Bahasa Lidah atau Glossolalia. Dalam Bahasa Inggris sendiri, Bahasa Lidah berarti speaking in tongues. Apakah arti dari Bahasa ucapan Roh? Pengertian dari Bahasa ucapan Roh itu sangatlah banyak. Di bawah ini beberapa pengertian dari Bahasa Roh:

  • Bahasa ucapan Roh adalah suatu ucapan asing yang dikeluarkan oleh salah satu indera manusia, dimana kata-kata yang diucapkan sulit untuk dipahami jarang kita dengar
  • Bahasa Roh sering disebut sebagai bahasa penghubung antara manusia dengan malaikat
  • Suatu bahasa doa, dimana roh kitalah yang berbicara langsung dengan Tuhan. Apa yang diucapkan oleh Roh sifatnya rahasia yang hanya diketahui oleh diri kita dan Tuhan Yesus
  • Bahasa ucapan Roh merupakan suatu bahasa yang diucapkan sebagai wujud seorang manusia telah dipenuhi oleh Kuasa Roh Kudus

1 Korintus 13:1 “Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.”

Baca juga:

Asal Bahasa Ucapan Roh

Setelah mendengar seseorang berbicara dalam bahasa roh, timbul pertanyaan “Apakah bahasa Roh berasal dari Allah atau berasal dari manusia?” Dalam konsep ini, banyak orang yang salah pengertian. Ketika seseorang selesai mengucapkan bahasa roh, banyak dari kita yang mengira orang tersebut mengalami cacat mental atau gangguan jiwa. Jika kamu berpendapat demikian, maka kamu telah berdosa. Bahasa Roh berasal dari siapa? (Baca juga: Pandangan Iman Kristen Terhadap Gaya Hidup Modern)

  • Langsung berasal dari Allah
  • Kuasa Allah turun atas orang tersebut sehingga ia bisa berkata-kata dalam bahasa ucapan roh
  • Hanya orang pilihan Allah yang bisa melakukan hal ini. Jika Allah tidak berkehendak, maka orang tersebut tidak akan mampu berbicara bahasa ucapan roh.

Bahasa ucapan roh ini tidak dipelajari, karena langsung berasal dari Allah. Bagi kamu yang ingin mempelajarinya, kamu harus mendapat izin terlebih dulu dari Allah. Jika tidak, maka usahamu akan sia-sia. Untuk itu, kamu perlu bersungguh-sungguh meyakinkan diri dan berniat untuk mempelajarinya demi kemuliaan Tuhan. Berikut adalah fakta menarik seputar bahasa ucapan roh:

  • Saat berbicara dalam bahasa ucapan roh, otak berfungsi dengan sangat cepat. Dimana otak berusaha untuk mengendalikan tubuh dan emosi manusia
  • Bahasa ucapan roh diucapkan dalam keadaan sadar, bukan dalam keadaan kerasukan
  • Orang yang mampu berbahasa ucapan roh memiliki kondisi emosi yang stabil, berbeda dengan orang yang sama sekali tidak bisa berbahasa ucapan roh
  • Tuhan langsung berbicara kepada seseorang secara personal

Lukas 11:13 “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

Bagi kamu yang masih ragu mempelajari bahasa roh, hilangkan keraguanmu mulai dari sekarang. Ketahuilah, mampu berbahasa ucapan roh akan semakin mendekatkanmu dengan Tuhan. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk belajar roh dan mengejar Tuhan. Berikut adalah manfaat yang akan didapatkan, antara lain:

  • Hidup mempunyai arah dan tujuan karena Tuhan selalu hadir untuk membimbing kita
  • Mampu bersaksi tentang kasih karunia Allah yang sangat besar melalui perbuatan cinta kasih
  • Dapat membangun diri sendiri
  • Membantu kita untuk mengucapkan keluhan hidup dengan bahasa yang hanya dimengerti oleh diri sendiri dan Tuhan Yesus
  • Lebih mampu memuliakan nama Allah
  • Sebagai penyegaran jiwa

Markus 16:17-18 “Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.” (Baca juga: Makna Kebangkitan Yesus)

Macam-Macam Bahasa Ucapan Roh

Bahasa ucapan roh yang sering diucapkan terbagi menjadi beberapa jenis. Pertama, adalah Bahasa ucapan Roh Kudus. Kedua, adalah Bahasa Akal Pikiran. Ketiga, adalah Bahasa ucapan Roh Setan. Penasaran dengan penjelasannya? Simak penjelasan macam-macam Bahasa Roh Kudus di bawah ini:

1. Bahasa Ucapan Roh Kudus

Bahasa ini sudah jelas bahasa yang berasal dari Roh Kudus itu sendiri yang etrtuang dalam diri anak manusia. Seperti yang telah dijelaskan di atas, pengucapannya terbagi menjadi dua jenis, yaitu: bentuk bahasa asing dan bentuk yang sulit untuk dipahami. Walaupun jenisnya berbeda, namun tetap berada dalam kasih karunia Roh Kudus.

Bahasa ucapan Roh Kudus ini diucapkan semata-mata karena Roh Kudus yang menginginkannya. Bukan diperintah oleh akal budi atau hati nurani manusia. Kata-kata yang disampaikan juga bukan merupakan rangkaian kata-kata manusia, melainkan rangkaian kata-kata dari Roh Kudus. Mengapa? Karena Roh Kudus itu suci. Ia tidak mungkin tunduk atas apa yang ada dalam pikiran manusia yang dipenuhi oleh dosa. (Baca juga: Cara Berdoa yang Benar)

Bukti Kuasa Roh Kudus saat seseorang berdoa dalam Bahasa ucapan Roh, antara lain:

  • Saat berkata-kata, mulut orang tersebut akan dipenuhi dengan asap putih yang membumbung keluar ke langit. Asap ini berasal dari Allah sendiri.
  • Manusia itu sendiri dapat langsung berbicara kepada Allah Bapa.
  • Apa yang disampaikan oleh manusia itu berdasarkan fakta yang berasal dari Allah. Jadi, kata-kata yang diucapkan tidak boleh disangkal. (Baca juga: Kumpulan Doa Kristen)

2. Bahasa Akal Pikiran

Sponsors Link

Dari namanya, bahasa ini memang berasal dari akal pikiran manusia. Sebelum diucapkan, manusia menyusun kata-kata Bahasa ucapan Roh yang nantinya akan diucapkan. Ciri utama dari Bahasa Akal Pikiran ini adalah memiliki pola bunyi, seperti: AB AB atau LM LM. Ketika seseorang sudah terbiasa menggunakan bahasa ucapan roh akal pikiran, maka bahasa tersebut akan keluar secara refleks. Bahasa ini bukan berasal dari Roh Kudus, melainkan bahasa “latah” yang sebelumnya sudah dipelajari terlebih dahulu sehingga menjadi suatu spontanitas ketika berdoa.

Alasan seseorang mempelajari bahasa akal pikiran, antara lain:

  • Karena adanya tuntutan dari gereja
  • Merasa malu karena dirinya tidak dapat berbahasa ucapan roh, lalu ia mempelajarinya
  • Memang berkeinginan untuk mempelajari bahasa ucapan roh
  • Agar bisa membanggakan diri karena dirinya mampu mengucapkan bahasa ucapan roh

Belajar bahasa ucapan roh yang baik adalah yang didasarkan oleh kemauan diri sendiri. Bukan berasal dari paksaan atau tuntutan dari pihak manapun. Bukan juga sebagai sebuah prestise untuk mempertinggi harkat dan martabat diri di depan banyak orang. Sebab, Allah saja yang dapat meninggikan umat-Nya bukan umat itu sendiri. (Baca juga: Renungan Singkat Kristen)

3. Bahasa Ucapan Roh Setan

Bahasa yang terakhir ini adalah bahasa yang paling berbahaya. Jika manusia dikuasai oleh roh setan, maka ia dapat berkata semaunya. Perkataan yang bukan berasal dari bahasa yang mereka pikirkan, melainkan dari bahasa spontanitas yang sering dianggap berasal dari Roh Kudus. Nyatanya tidak, karena bahasa tersebut berasal dari setan.

Bagaimanakah ciri-ciri bahasa ucapan roh setan ini?

  • Mulut orang yang mengucapkan bahasa setan ini akan berwarna hitam pekat dan berbau busuk
  • Banyak dari perkataan tersebut menyakitkan hati
  • Perkataan yang diucapkan sangatlah pedas dan pahit

Dalam suatu perkumpulan, mungkin ada satu atau dua orang pemimpin yang dirasuki oleh roh setan. Hal ini terjadi karena hati orang tersebut dipenuhi oleh roh kenajisan, kejahatan, kutuk, dan kepahitan. Namun, hal ini tidak akan terjadi bagi orang-orang kudus yang berada di dalam Rumah Tuhan. Karena roh setan tersebut akan dengan cepat dilenyapkan oleh Roh Kudus.

Bahasa dalam doa pribadi bertujuan sebagai penguatan untuk diri sendiri. Bahasa ini muncul dengan sendirinya tanpa terlintas di pikiran manusia. Bahasa ini diucapkan oleh lidah secara spontan dengan bahasa yang sulit untuk dipahami. Pada saat itulah, anak manusia berdoa kepada Bapa dari hatinya yang terdalam berkat bimbingan Roh Kudus. Jika bahasa ucapan roh itu diucapkan di tengah-tengah jemaat, sudah pasti bahasa tersebut bukanlah bahasa spontanitas. Sebelum diucapkan, bahasa tersebut disusun runtutannya secara jelas agar menjadi satu kesatuan yang utuh. Bahasa ucapan roh di tengah jemaat biasanya diucapkan oleh dua atau tiga orang secara bergantian. Setelah salah seorang mengucapkan bahasa ucapan roh tersebut, seorang lainnya harus bisa menafsirkan artinya. Tujuannya agar ia bisa melanjutkan maksud yang disampaikan agar umat dapat memahami pesan Roh Kudus yang disampaikan.

Baca juga:

Makna Pengucapan Bahasa Ucapan Roh

ads

Bahasa ucapan Roh ini tidak diucapkan secara sembarangan. Namun, diucapkan sesuai dengan aturan pengucapan dari bahasa ucapan roh itu sendiri. Orang yang dapat berbicara dalam bahasa ucapan roh bukanlah orang sembarangan. Ia dapat berkata-kata dalam bahasa ucapan roh karena Yesus Kristus sudah masuk dalam jiwanya. Tanda supranatural tersebut datang ketika seseorang telah bernubuat sesuai dengan apa yang ada di dalam Alkitab. Berbicara tentang tanda supranatural, berikut adalah jenis-jenis tanda supranatural yang berasal dari Alkitab:

1. Karunia Berkata-Kata dengan Hikmat

Maksudnya adalah mampu berbicara dengan semua menggunakan pengungkapan rohani. Ungkapan tersebut berasal dari Karunia atas pekerjaan Roh Kudus. Pekerjaan Roh Kudus ini akan kelihatan pada hal-hal yang bersifat khusus. Contohnya, terjadi pada pekerjaan istimewa dari Roh Kudus. (Baca juga: Tanda Salib Katolik)

2. Karunia Iman

Iman yang dimaksudkan disini bukanlah iman sebagaimana dalam pengertian sehari-hari. Melainkan iman yang dapat melakukan perbuatan-perbuatan yang menakjubkan yang berada di luar kemampuan manusia. Masing-masing orang akan menerima karunia Iman yang berbeda-beda. Mengapa? Karena takaran iman antara orang yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda.

3. Karunia Berkata-Kata dengan Pengetahuan

Karunia ini berasal dari Roh Kudus namun dalam konteks ilmu pengetahuan. Misalnya, mengenai orang-orang, kebenaran Alkitab, dan keadaan yang terjadi di masa lalu maupun di masa sekarang. Pengetahuan ini bukanlah pengetahuan yang dapat dipelajari. Namun lebih pada pengetahuan yang sifatnya supernatural yang berhubungan dengan nubuat yang dilakukan oleh seseorang. (Baca juga: Makna Doa Bapa Kami)

4. Karunia Menyembuhkan

Maksudnya ialah karunia untuk menyembuhkan orang sakit. Karunia ini termasuk karunia khusus, dimana Roh Kudus bekerja atas seseorang. Dengan bantuan Roh Kudus, maka proses penyembuhan dapat dilakukan.

5. Karunia Mengadakan Mukjizat

Merupakan karunia yang sangat istimewa yang berasal dari Roh Kudus. Namun, karunia ini hanya diterima oleh beberapa orang di dunia saja. Jumlahnya dapat dihitung. Karunia ini sifatnya adikodrati yang dapat berhubungan dengan perubahan tatanan alam. Hampir sama dengan mujizat Tuhan Yesus

6. Karunia Menafsirkan Roh Kudus

Merupakan kemampuan yang diberikan oleh Roh Kudus untuk dapat mengerti dan menafsirkan arti dari bahasa ucapan roh yang disampaikan. Bahasa yang berhasil ditafsirkan akan disampaikan kepada orang banyak sebagai petunjuk untuk melakukan nubuat. Karunia ini tidak datang dengan sendirinya. Namun diberikan jika seseorang memang berkeinginan untuk mampu menafsirkan roh. Agar apa yang ditafsirkannya dapat berguna bagi orang lain.

Baca juga:

1 Korintus 14:5 “Aku suka, supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa ucapan roh, tetapi lebih dari pada itu, supaya kamu bernubuat. Sebab orang yang bernubuat lebih berharga dari pada orang yang berkata-kata dengan bahasa ucapan roh, kecuali kalau orang itu juga menafsirkannya, sehingga Jemaat dapat dibangun.”

Tujuan Mempunyai Bahasa Ucapan Roh

Sponsors Link

Firman yang tertulis dalam Alkitab selalu bernilai dalam hidup manusia. Hingga semua yang tertulis dalam Alkitab ujung-ujungnya harus dilaksanakan oleh manusia sebagai pedoman dalam hidup, termasuk bahasa ucapan roh ini. Karena bahasa ucapan roh ini adalah bahasa karunia, hanya bisa diucapkan oleh orang-orang tertentu saja. Orang Kristiani yang dianugerahi kemampuan berbahasa ucapan roh harus sepenuhnya menyerahkan dirinya kepada Bapa di Sorga. Ia memiliki tanggung jawab kepada Bapa karena karunia ini datang bukan atas keinginan manusia itu sendiri. Apa tujuan dari seseorang dapat berbicara dalam Bahasa ucapan Roh?

  • Tanda Dukungan Allah

Kuasa berbicara bahasa ucapan  roh hanya diberikan kepada orang tertentu. sama dengan kuasa lainnya yang berasal dari Tuhan. Kemampuan dapat berbicara dalam bahasa ucapan roh merupakan suatu petunjuk bahwa umat Kristiani mendapat dukungan dari Allah Tritunggal untuk menyebarkan karunia. Karunia ini merupakan suatu petunjuk yang akan menuntun umat manusia untuk berjalan di jalan yang benar, jalan yang dikehendaki oleh Allah.

  • Sarana untuk Menyebarkan Kabar Baik

Yesus berfirman agar murid-murid-Nya dapat memberitakan Injil setelah kepergian Yesus kelak. Namun, kemampuan murid-murid sangatlah terbatas karena mereka bukanlah kaum terpelajar pada saat itu. Disinilah Roh Kudus bekerja atas murid-murid Yesus. Berkat Roh tersebut, mereka dapat berbicara dengan bahasa yang sama sekali belum pernah mereka pelajari. Hingga pada akhirnya, pemberitaan Injil tersebar ke seluruh penjuru dunia. Dan semua orang mengetahu tentang kabar baik yang berasal dari Yesus Kristus. (Baca juga: Tujuan Hidup Orang Kristen)

Bagaimana anak-anak Tuhan? Sudah jelaskan informasi mengenai Bahasa ucapan Roh itu sendiri? Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuanmu mengenai Kristen.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 23rd, June 2017 / 06:08 Oleh :
Kategori : Renungan Harian