Sponsors Link

10 Peranan Roh Kudus Dalam Gereja Katolik Masa Kini

Sponsors Link

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika Roh Kudus sejak dulu sudah berkarya di dunia hingga sekarang dan sampai selama-lamanya. Dengan melalui karunia rahmat yang berasal dari Roh Kudus, maka kita sebagai manusia bisa memasuki kehidupan baru yang diberikan oleh hidup ilahi dan manusia menjadi tempat dimana Roh Kudus berdiam yakni bait Allah yang hidup.

ads

Kristus yang secara kemanusian-Nya sudah pergi dan datang kembali lalu hadir dan bertindak di dalam gereja dilakukan dengan cara yang intim yakni dengan membuat Tubuh-Nya sendiri. Dengan ini, gereja bisa hidup, berkarya dan bertumbuh sampai akhir jaman dan semuanya ini bisa terjadi dengan melalui kuasa Roh Kudus. Lalu apa sajakah peranan Roh Kudus di dalam gereja?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Peranan Roh Kudus Dalam Kehidupan Gereja

Peranan Roh Kudus dalam Gereja yang akan memimpin kita dengan beribadah dan mengalir di dalam persembahan pada Tuhan sebab Roh Kudus yang memungkinkan kita bisa mencapai persembahan yang sejati. Roh Kudus yang diutus ke dalam dunia akan memimpin kita pada segala kebenaran dan demi memuliakan nama Tuhan Yesus. Jika dilihat apa saja peranan Roh Kudus di dalam gereja, maka kita bisa menemukan beberapa peranan Roh Kudus seperti berikut ini:

  1. Roh Kudus Mengendalikan Karunia Ibadah Gereja

Semua karunia oleh Roh Kudus dalam ibadah di gereja tidak akan pernah dibiarkan begitu saja dan terdapat peranan Roh Kudus didalamnya sehingga membuat segala karunia roh dalam ibadah akan mendatangkan damai sejahtera dan kemuliaan untuk Allah yakni karunia berlangsung untuk membangun dan tidak mempermalukan serta menghancurkan iman seseorang.

Para nabi yang sudah diberi wewenang untuk koreksi dan prediksi juga harus melewati ujian dan harus berlangsung secara teratur serta sopan. Berikutnya, kita juga harus menundukan diri pada Tuhan serta sesama terutama pada pemimpin supaya tidak terjadi kekacauan dan harus berlangsung di bawah otoritas firman Tuhan serta pemimpin rohani.

Artikel terkait:

  1. Roh Kudus Menghadirkan Kristus Secara Sakramental

Roh kudus juga memiliki peranan dengan kuasa-Nya dalam menghadirkan Kristus secara sakramental di dalam gereja terutama saat Ekaristi Kudus sehingga gereja bisa tetap hidup, berkarya dan terus tumbuh hingga nanti akhir jaman. (baca juga: Pengertian Dosa Menurut Alkitab)

  1. Roh Kudus Memberi Kehidupan Baru

Roh Kudus juga memberikan kehidupan baru untuk semua umat beriman, sebab secara tidak terputus selalu bertobat dan menyesal atas dosa sehingga pertobatan yang dilakukan secara terus menerus ini akan membuat umat menjadi lebih dewasa dalam iman dan terus menggerakannya untuk berbuat kasih serta kebaikan bagi sesama.

  1. Roh Kudus Sebagai Pemersatu gereja

Peranan Roh Kudus dalam Gereja, Roh Kudus juga berperan lewat para penerus rasul demi mempersatukan Gereja-Nya dan ini bisa dibuktikan dengan adanya kesatuan seperti Gereja Katolik di bawah pimpinan Paus. Sebagai penerus dari Rasul Petrus, Paus mengajarkan kesatuan pengajaran yang hanya bersumber dari ajaran Kristus dan para rasul. Dengan melalui pengajaran pada penerus rasul inilah, Roh Kudus hadir untuk memberikan bimbingan Gereja sampai pada kepenuhan segala kebenaran. (baca juga: Sejarah Gereja Katedral)

  1. Roh Kudus Mempersatukan Umat Dalam Tubuh Kristus
Sponsors Link

Dengan adanya kuasa dari Roh Kudus, maka semua umat yang menjalani peran berbeda setiap orangnya ini akan dipersatukan dalam satu Tubuh Kristus. Roh Kudus berperan untuk mempersatukan semua umat dengan Kristus dan dengan persatuan bersama Kristus ini maka Roh Kudus juga akan mempersatukan umat beriman yang satu dengan yang lainnya. Sebab persatuan antara mereka dengan Kristus yang satu dan sama. (baca juga: Sejarah Alkitab Indonesia)

  1. Roh Kudus Mendorong Gereja Untuk Melayani

Dengan kuasa Roh Kudus, maka gereja bisa semakin terdorong untuk selalu melayani masyarakat. Ini terjadi karena rahmat yang Allah berikan diterima gereja lewat kesatuan dengan Kristus yang kemudian menjadikan terang untuk menyinari segala bangsa dan juga masyarakat sekitarnya. (baca juga: Kristen Ortodoks)

Artikel terkait:

  1. Roh Kudus Mendampingi Gereja
ads

Peranan Roh Kudus dalam Gereja, Roh Kudus juga memiliki peranan penting dalam mendampingi gereja sehingga gereja yang merupakan persekutuan bisa tetap hidup dan terus berkarya. Karya gereja ini bisa dirasakan oleh semua umat sampai sekarang seperti contohnya pelayanan pendidikan lewat sekolah, pewartaan dengan pengajaran atau kotbah, karya liturgia seperti Perayaan Ekaristi dan ibadat dan berbagai karya lainnya. (baca juga: Dosa Turunan Menurut Kristen)

  1. Roh Kudus Memampukan Kita Untuk Diakonia

Roh Kudus juga berperan sehingga kita bisa melaksanakan tugas pelayanan atau diakonia. Yesus sendiri adalah raja namun Ia mau menjadi pelayan, “Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”( Markus 10: 45 ). Untuk melayani, maka kita memerlukan sikap rela berkorban dan tanpa mengenal pamrih. Dengan kekuatan dari Roh Kudus, maka umat akan mampu bertindak berdasarkan kasih tersebut tanpa mengenal pamrih. (baca juga: Kematian Menurut Kristen)

  1. Roh Kudus Mendorong Persekutuan Kokoh

Roh Kudus jugalah yang sudah menggerakan serta mendorong umat untuk semakin membangun persekutuan yang kokoh di dalam gereja. Dilihat dari cara hidup jemaat perdana, maka bisa kita jadikan contoh bagaimana cara membuat agar persekutuan gereja bisa tetap kokoh. Keadaan di era ini menuntut kita yang merupakan anggota gereja untuk semakin berupaya sekuat tenaga dalam persekutuan gereja. Dengan ini, maka dibutuhkan sikap saling membantu dan memperhatikan setiap anggota gereja yang membutuhkan.

  1. Roh Kudus Menguduskan Kegiatan Liturgi

Peranan Roh Kudus di dalam gereja selanjutnya adalah mendorong kita sebagai umat beriman untuk saling menguduskan lewat kegiatan liturgi. Roh Kudus akan selalu membimbing semua umat untuk mencari dan menemukan kekudusan sehingga gereja bisa ikut menjadi kudus karena karya dari Roh Kudus tersebut. Di dalam kehidupan sebagai umat gereja yang beriman, kegiatan saling menguduskan ini bisa dilakukan dengan cara di bidang liturgi. Sebagai contoh kegiatan liturgi adalah Perayaan Ekaristi, Ibadat Sabda, Koor gereja, Ibadat Jalan Salib dan berbagai kegiatan liturgi lainnya. Roh Kudus akan berperan untuk mendorong setiap umat yang beriman untuk ikut dalam kegiatan liturgi gereja.

Artikel terkait:

Atas berperannya Roh Kudus, maka dalam ibadah gereja akan tercipta suasana ilahi dan bukan hanya sekedar ritual semata. Kita bisa mengalami arahan ilahi dan pengungkapan yang membuat kita bisa menyesuaikan diri dengan kehendak Tuhan dan selalu bertumbuh sesuai dengan segala tuntunan-Nya. Gereja harus selalu menimba kekuatan dari Roh Kudus yakni rahmat Allah yang sudah tercurah dalam setiap sakramen atau berbagai kebajikan. Ini semua harus dilakukan supaya pelayanan dan semua kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan dalam gereja bisa menerangi semua orang yang dilayani dengan cahaya Kristus.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 26th, July 2017 / 08:23 Oleh :
Kategori : Gereja