Sponsors Link

15 Simbol Kristen Protestan dan Maknanya

Sponsors Link

Dalam setiap organisasi, kita selalu menemukan perbedaan Islam dan Kristen dalam simbol atau lambang. Simbol ini digunakan untuk mewakili organisasi itu sendiri. Misalnya simbol tanda tambah pada kotak P3K. Ketika melihat simbol tersebut, orang-orang langsung mengetahui isinya. Jadi, tidak perlu ada penjelasan lebih detail lagi.Di dalam agama Kristen, kita juga menemukan simbol atau lambang. Semua simbol tersebut memiliki arti tertentu. Penasaran makna dari setiap simbol? Berikut adalah 15 simbol dalam Kristen beserta maknanya:

ads

Dengan adanya simbol Kristen banyak sekali mengandung banyak makna yang penting, apalagi kita sebagai umat Kristiani kita penting dan wajib mengetahuinya sebagai berikut:

  • Sebagai tanda pengenal agama kita dan sebagai ingatan kita akan simbol Kristen mempunyai simbol yang berbeda-beda, namun mempunyai arti khusus didalam simbol tersebut.
  • Mengingatkan kita sebagai umat Kristen agar lebih dekat lagi dan taat kepada Tuhan dalam perwujudan simbol dalam hidup kita, dengan hanya kita melihatnya.
  • Dengan adanya simbol makin banyak orang yang percaya, dan semakin yakin bahwa Kristen itu nyata dan ada didalam dunia dan harus kita jalankan perintahnya menurut Sang Juru Selamat.

Di dalam agama Kristen, kita juga menemukan simbol atau lambang. Semua simbol tersebut memiliki arti tertentu. Penasaran makna dari setiap simbol? Berikut adalah 15 simbol dalam Kristen beserta maknanya:

1. Alfa dan Omega

simbol kristen alfa dan omega

Alfa dan Omega merupakan huruf pertama dan terakhir dalam alfabet Yunani. Simbol ini biasa digunakan sebagai makna kebangkitan Yesus untuk melambangkan kekekalan Allah. Mulai dari awal mula diciptakannya dunia ini, hingga sampai ke akhirat, Yesus tetap berkuasa atas semesta alam.

Wahyu 22:13 “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir.”Ayat di atas memiliki arti bahwa Tuhan Yesus adalah sumber kehidupan. Dialah Tuhan yang layak kita puji dan sembah.

Mampukah kamu bertahan hidup tanpa air? Tentu saja tidak. Selain makanan, kamu juga membutuhkan air. Dalam setiap perayaan Kristen, kamu pasti menemukan air. Contoh umumnya adalah saat pembaptisan. Kita dibaptis menggunakan air yang sudah diberkati terlebih dahulu. Makna air ini sendiri sebagai simbol kebebasan dan kelayakan memasuki hidup yang baru. Jadi tidak heran ya kalau banyak dipakai disetiap upacara dan pemberkatan.

2. Altar

simbol kristen sebagai altar

Altar adalah tempat dimana Yesus dan murid-Nya mengadakan perjamuan. Termasuk saat perjamuan malam terakhir. Selain digunakan Gereja rerbesar di dunia sebagai meja saat perjamuan kudus, altar juga digunakan sebagai tempat untuk menaruh kolekte atau persembahan.

Agar tampilan altar lebih cantik, altar biasanya dihias dengan bunga, lilin, alkitab dan salib. Sekali seminggu atau dua minggu, bunga yang ada di altar akan diganti. Tujuannya agar altar tetap terlihat indah dan menarik. Selain digunakan saat pijat, minyak juga merupakan simbol dalam gereja. Makna minyak sendiri, antara lain:

  • Minyak merupakan lambang kesembuhan. Oleh karena itu, banyak digunakan untuk menyembuhkan orang-oramg sakit. Terutama ketika sedang mengurapi orang sakit.
  • Dalam sakramen Krisma, kamu juga sering mendapati adanya minyak. Minyak Krisma memiliki arti sebagai penyembuhan kembali dari dosa-dosa lama.
  • Dalam Sakramen Imamat, minyak digunakan untuk mengurapi dan menyucikan para imam. Tujuannya agar siap menyerahkan diri seutuhnya kepada Tuhan Yesus.

3. Salib

Sponsors Link

simbol kristen sebagai salibSalib merupakan lambang pengenal yang menandakan agama Kristiani. Dengan melihat tanda ini, orang dapat menyimpulkan makna paskah dan bahwa kamu seorang Nasrani. Selain itu, simbol salib juga berarti:

  • Lambang kematian Tuhan Yesus di Bukit Golgota ketika Ia disalibkan
  • Simbol kekekalan, kesempurnaan, dan hubungan antara dunia nyata dengan dunia transenden
  • Lambang kemenangan Kristus dalam maut. Terbukti dengan Kristus yang bangkit dari alam maut
  • Mencerminkan solidaritas Allah kepada manusia sampai pada puncak penderitaan-Nya

Ingatkah kamu peristiwa ketika Petrus menyangkal Yesus? Setelah menyangkal Yesus sebanyak tiga kali, ayam jago berkokok. Dari peristiwa itulah mengapa ayam juga masuk dalam simbol gereja. Ingatkah kamu peristiwa ketika Petrus menyangkal Yesus? Setelah menyangkal Yesus sebanyak tiga kali, ayam jago berkokok. Dari peristiwa itulah mengapa ayam juga masuk dalam simbol gereja. Ayam merupakan tanda peringatan agar manusia tidak jatuh ke dalam dosa yang sama. Seperti yang dilakukan Petrus kepada Yesus. Ayam jago biasanya terletak di menara gereja bersamaan dengan salib.

ads

4. Gandum dan Anggur

gandum dan anggur sebagai simbol kristen

Pada zaman dahulu, gandum digunakan sebagai bahan utama pembuat roti. Begitu juga dengan anggur yang menjadi mujizat Tuhan Yesus dan diolah menjadi minuman anggur. Selain sebagai bahan makanan, kedua bahan tersebut juga digunakan untuk melambangkan perayaan Ekaristi.

Saat perjamuan malam terakhir, Yesus memberikan roti dan anggur kepada murid-murid-Nya. Roti dilambangkan sebagai Tubuh Kristus. Anggur dilambangkan sebagai Darah Kristus. Lukas 22:19 “Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: Inilah Tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu, perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku.”

5. Kunci

simbol kristen sebagai kunci

Mengapa kunci termasuk dalam salah satu simbol dalam Kristen? Karena kunci merupakan lambang dari sejarah agama Kristen wewenang atau hak rohani. Wewenang rohani yang dimaksudkan, antara lain:

  • Mengajar dan menjadi saksi rohani tentang Kristus Yesus
  • Menggembalakan umat
  • Menyampaikan pegampunan dosa manusia melalui Sakramen Tobat

Kunci ini pernah diberikan kepada Santo Petrus. Yesus menjadikan Santo Petrus sebagai pemimpin untuk umat pilihan Tuhan. Selain itu, kunci ini juga sebagai lambang layak atau tidaknya kita masuk Kerajaan Sorga.

6. Abu

simbol kristen sebagai abu

Pada perayaan Rabu Abu, setiap umat Katolik ditandai dengan abu. Abu adalah pertanda bahwa kita hanyalah debu yang mudah hilang. Abu ini berarti bahwa diri kita lemah, tidak berguna, tidak berdaya, sengsara, dan hina. Oleh sebab itu, manusia harus mengetahui cara berdoa yang benar agar senantiasa merendahkan dirinya, mengaku dosa dan perbuatannya, serta tidak lupa untuk bertobat.

Yesus Kristus adalah Anak Domba Allah. Sedangkan manusia diibaratkan sebagai domba yang mengikuti Yesus kemanapun Ia pergi. Domba adalah hewan yang suci. Darahnya sering dijadikan untuk simbol keselamatan. Seperti yang tertulis dalam Perjanjian Lama. Dimana Yesus meminta Musa dan bangsa Israel untuk menyembelih sebuah domba. Lalu darahnya dioleskan di pintu masuk agar mereka selamat. Sama halnya seperti darah Yesus yang tercurah untuk menebus dosa manusia.

7. Api

simbol kristen sebagai api

Api adalah tanda untuk Kuasa Roh Kudus dan Kuasa Yesus. Hal ini terbukti pada saat Perayaan Pentakosta. Ketika Roh Kudus turun atas Para Rasul melalui lidah-lidah api.

Api ini sendiri memiliki sifat yang baik dan jahat. Sifat baiknya sebagai Roh Kudus. Sedangkan sifat jahatnya sebagai tanda pembakaran. Dimana manusia yang penuh dosa akan dicampakkan ke dalam api neraka pada hari kematian, sebagai berikut:

  • Dalam pernikahan, burung merpati merupakan lambang kesetiaan antara pasangan yang menempuh hidup baru.
  • Dalam Kristen, burung merpati melambangkan Roh Kudus. Selain itu, burung merpati juga melambangkan kesucian dan kemurnian. Hal ini dikarenakan bulunya yang putih bersih tanpa noda.
  • Pada zaman dulu, burung merpati dilambangkan sebagai perdamaian dan ketulusan. Mengapa? Karena sering digunakan sebagai hewan untuk mengantarkan surat. Apalagi biring merpati juga tidak dibayar saat melaksanakan tugasnya.
Sponsors Link

8. Nimbus

Nimbus sebagai simbol kristen

Pernahkah kamu mendengar Nimbus? Ya, Nimbus adalah sebuah lingkaran yang mirip seperti topi. Nimbus biasanya ditaruh di atas kepala orang-orang kudus atau para malaikat. Nimbus ini sebagai tanda cara beribadah agama Kristen bahwa iman seseorang telah kekal. Biasanya akan diberikan saat seseorang telah hidup mulia untuk selama-lamanya di sorga. Contoh nyatanya adalah para martir.

  • Lilin merupakan pembawa cahaya yang paling mulia. Karena rela mengorbankan dirinya sendiri untuk menerangi orang lain. Hingga akhirnya lilin tersebut meleleh dan tak bisa menerangi lagi. Lilin ini banyak digunakan saat malam Paskah.
  • Dalam Kristen, lilin melambangkan Tuhan Yesus itu sendiri. Dimana Kristus memberikan cahaya dan terang bagi dunia. Ia memberikan diri-Nya untuk disalib demi menebus dosa manusia.

Sama dengan lonceng bukanlah tanda yang asing lagi bagimu. Benar, tidak? Tentu saja iya. Lonceng adalah alat yang berfungsi sebagai tanda peringatan dimulainya suatu perayaan. Dalam Gereja, bunyi lonceng menandakan bahwa Misa akan segera dimulai. Lonceng biasanya terletak di menara gereja. Biasanya dibunyikan dengan bantuan tali yang panjang. Lonceng dapat digunakan baik dalam keadaan sukacita maupun dukacita.

Dan masih banyak simbol Kristen lainnya yang sering dikenal dan banyak diketahui oleh umat kristen lainnya, yang bisa kalian ketahui sebagai berikut:

  • Air
  • Minyak
  • Burung Merpati
  • Ayam Jago
  • Lilin
  • Lonceng
  • Burung Merpati

Itulah 15 lambang dalam Kristen. Sudahkah kamu melihat semua lambang tersebut? Semoga pengetahuanmu tentang Kristen semakin bertambah setelah membaca artikel ini.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 26th, May 2017 / 09:51 Oleh :
Kategori : Kristen